Prayogi, Gatot (2012) Upaya meningkatkan aktivitas pembelajaran lembar cakram dengan menggunakan metode bermain di kelas VI SDN Lumbang Rejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Gatot Prayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Aktivitas Pembelajaran Cakram Metode Bermain Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah. Permainan dan olahraga merupakan salah satu ruang lingkup dari mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk Sekolah Dasar Kelas VI Semester Gasal. Salah satu materi pokok dari atletik yaitu lempar cakram pada kelas VI Semester Gasal salah satu kegiatan pembelajarannya adalah teknik dasar lempar cakram. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Lumbang Rejo I kelas VI semester gasal pada proses pembelajaran lempar cakram banyak terjadi kekurangan-kekurangan diantaranya pada keterampilan dasar mengajar pengelolaan kelas dan strategi pembelajaran. Terkait dengan strategi pembelajaran kekurangan-kekurangan yang terjadi adalah alat bobot cakram asli terlalu berat yaitu 2 kg untuk putra dan 1 kg untuk putri cara mengajar guru cenderung menggunakan metode konvensional dengan gaya komando cakram cuma ada 2 buah. Berdasarkan hasil refleksi terhadap 23 siswa kelas VI SDN Lumbang Rejo I Kec. Prigen banyak terjadi kekurangan terkait dengan pengelolaan kelas dan strategi pembelajaran sehingga terdapat 18 siswa yang kurang antusias dan kurang aktif. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut Pembelajaran lempar cakram pada observasi awal waktu banyak terbuang karena terbatasnya alat dan bobot alat terlalu berat untuk siswa SD. Setelah dilakukan metode bermain siswa bisa lebih mudah dalam melakukan gerakan teknik dasar lempar cakram pembelajaran lempar cakram pada observasi awal cakram Cuma 1 bobot cakram dirasa terlalu berat buat siswa SD guru mengajar dengan gaya komando sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran setelah guru menggunakan Metode Bermain maka siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran lempar cakram. Kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas adalah penggunaan Metode Bermain dalam pembelajaran lempar cakram dapat meningkatkan aktifitas siswa Metode Bermain yang digunakan adalah slang plastik yang dibentuk menjadi lingkaran menyerupai gelang kegiatan pembelajaran yang digunakan yaitu melempar ke tiang sasaran lempar tangkap berpasangan melempar ke sasaran dan melempar melewati tali. Secara umum hasil observasi keaktifan siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2. Saran yang dapat diberikan adalah untuk peneliti agar memiliki kepekaan yang tinggi terhadap fenomena pembelajaran di lapangan mampu memecahkan masalah-masalah dalam proses pembelajaran dengan tepat melalui kegiatan penelitian untuk guru pendidikan jasmani diharapkan lebih kreatif dan inovatif dengan metode metode pembelajaran yang baru sehingga pembelajaran yang dilakukan bisa menyenangkan siswa dan tentunya tujuan pembelajaran itu sendiri bisa tercapai dan untuk SD Negeri Lumbang Rejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan diharapkan dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan khususnya pendidikan jasmani.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49721 |
Actions (login required)
View Item |