Irawan, Thoni Ariya (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash untuk pembelajaran bola basket di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar / Thoni Ariya Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media pembelajaran interaktif macromedia flash bolabasket Permainan bola basket adalah suatu keterampilan yang tidak bisa dipelajarai dalam waktu singkat. Sedangkan jam pelajaran di dalam pendidikan jasmani dan kesehatan untuk materi permainan khususnya permainan bola basket hanya diberikan jatah jam yang sangat sedikit sehingga proses pembelajaranya dirasa kurang. Hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan praktekpermainantersebut. Maka dari itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar. Media yang paling cocok dan disukai oleh kebanyakan siswa adalah media yang berbasis komputer. Selain berisi penjelasan teknik dasar yang dilengkapi dengan video media berbasis komputer ini juga menyajikan tentang informasi-informasi yang lain yang dibutuhkan oleh peserta didik di sisilain SMA Negeri 1 Talunpadasetiapkelassudahdilengkapi LCD proyektor sehinggasangatmendukungsekaliterhadap media pembelajaranberbasiskomputer. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash untuk Permainan Bola Basket sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Talun. Tahap-tahapdalammengembangkan media pembelajaraninteraktifpermainanbolabasketiniadalahsebagaiberikut. (1) Melakukanpenelitianawal (analisiskebutuhan) yang melibatkan 60 siswaSMAN 1 Talun. (2) melakukakanpengkajianteori (perencanaan). (3) Mengembangkanprodukawaldanevaluasiahli yang terdiriahli media ahlipembelajarandanahlibolabasket yang manaakandijadikanacuanuntukrevisiproduk. (4) Melakukanujicobakelompokkecil yang melibatkan 9siswaSMAN 1 Talun. (5) Revisiprodukawal (dariujicobakelompokkecil). (6) Ujicobakelompokbesar yang melibatkan 30 siswaSMAN 1 Talundanmelakukanrevisi. (7) Produkakhir. Berdasarkan hasil penelitian awal (analisis kebutuhan)yang peneliti lakukan tentang media pembelajaran apa yang mereka inginkan dapat diketahui bahwa 6 siswa (10%) memilih buku cetak 45 siswa (75%) memilih komputer 38 siswa (63 33%) memilih alat dan 30 siswa (50%) memilih video 60 siswa (100%) menyatakan setuju untuk dikembangkan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dari uji cobaproduk kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 82 83% dengan kategori Baik sedangkan dari uji cobaproduk kelompok besar juga diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 96 36% dengan kategori Baik . Maka produk yang dikembangkan oleh peneliti berupa media pembelajaraninteraktifpermainanbolabasket layak/dapat digunakan untuk pembelajaran pendidikanjasmanidankesehatan khususnyauntukmateripermainanbolabasket.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49714 |
Actions (login required)
View Item |