Keaksaraan fungsional sebagai upaya pemberdayaan perempuan (studi kasus di kelompok muslimat Dusun Klaseman, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang) / Yunita Anggraini Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Keaksaraan fungsional sebagai upaya pemberdayaan perempuan (studi kasus di kelompok muslimat Dusun Klaseman, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang) / Yunita Anggraini Wijaya

Wijaya, Yunita Anggraini (2013) Keaksaraan fungsional sebagai upaya pemberdayaan perempuan (studi kasus di kelompok muslimat Dusun Klaseman, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang) / Yunita Anggraini Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijaya Yunita Anggraini. 2013. Kekasaraan fungsional sebagai Upaya pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus di Kelompok Muslimat Dusun Klaseman Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (2) Drs. H. Lasi Purwito M.S. Kata kunci keaksaran fungsional pemberdayaan perempuan 12288 12288 12288 12288 Keaksaraan fungsional adalah bentuk pelaksanaan program Pendidikan Luar Sekolah yang merupakan suatu pendekatan atau cara untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam menguasai dan menggunakan ketrampilan menulis membaca dan berhitung serta bisa berorientasi pada kehidupan sehari-hari dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya. Keaksaraan fungsional merupakan program yang ditawarkan sebagai upaya untuk pemberdayaan perempuan. Pada dasarnya peran perempuan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujudnya perempuan yang berkualitas yang pada gilirannya diharapkan menjadi mitra yang sejajar dengan laki-laki dalam sektor pembangunan bangsa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran keaksaraan fungsional dasar sebagai upaya pemberdayaan perempuan dan mendeskripsikan manfaat mengikuti program pembelajaran keaksaraan fungsional dasar bagi warga belajar dengan menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus. Subyek penelitiannya adalah warga belajar dengan informan pengelola tutor dan warga belajar. Data diambil dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan tiga tahap atau jalur kegiatan yaitu dengan mereduksi data menyajikan data dan menyimpulkan keseluruhan data dari hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menjelaskan bahwa program pembelajaran keaksaraan fungsional dasar dilakukan berdasarkan kebutuhan belajar warga belajar. Karena dengan adanya kebutuhan belajar tersebut timbul masalah yang harus dipecahkan. Sehingga program pembelajaran dikembangkan atas dasar masalah dan menuntut warga belajar untuk bisa mengatasi dan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dengan memberikan solusi yang baik. Pembelajaran yang dilakukan dalam keaksaraan fungsional ini tidak hanya terpaku dengan metode pembelajaran calistung saja tetapi pembelajaran yang dilakukan juga dengan memanfaatkan lingkungan sekitar yang kaya akan hasil bumi. Karena aplikasi pembelajaran keaksaraan fungsional dasar ini nantinya akan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan manfaat mengikuti bagi warga belajar dapat dilihat dari segi kognitif warga belajar mendapatkan tambahan pengetahuan tentang membaca menulis dan berhitung segi afektif warga belajar merasa percaya diri setelah mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional segi psikomotorik warga belajar mendapatkan ketrampilan untuk membekali dirinya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan segi sosial warga belajar mendapatkan keluarga dan kelompok baru yang bisa memberikan pengaruh yang positif. Dengan adanya program keaksaraan fungsional kualitas perempuan yang ada menjadi lebih baik serta bisa lebih mandiri untuk dapat meningkatkan kualitas generasi yang akan datang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan kepada kelompok Muslimat selaku penyelenggara program untuk lebih memperbanyak akses belajar warga masyarakat dengan lebih memfasilitasi mereka untuk mendapatkan kesempatan dalam memenuhi kebutuhan belajarnya warga belajar untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya dan tidak perlu merasa malu untuk terus belajar karena hal tersebut guna memenuhi kebutuhan belajar mereka Jurusan Pendidikan Luar Sekolah untuk lebih memperbanyak program-program bagi masyarakat Desa Kucur sebagai Labsite PLS agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang baik. Selain itu untuk lebih rutin dalam memberikan kesempatan belajar bagi warga masyarakat agar dapat terpenuhi kebutuhan belajarnya dan untuk peneliti lanjut disarankan untuk bisa lebih mengkaji lebih mengenai hambatan-hambatan pelaksanaan program keaksaraan fungsional yang masih belum di jabarkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item