Perbaikan gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor melalui metode permainan untuk siswa kelas III SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Malang / Humaid Ali Hasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbaikan gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor melalui metode permainan untuk siswa kelas III SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Malang / Humaid Ali Hasan

Hasan, Humaid Ali (2012) Perbaikan gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor melalui metode permainan untuk siswa kelas III SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Malang / Humaid Ali Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci meningkatkan gerak lokomotor dan nonlokomotor permainan modifikasi. Gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor merupakan komponen dalam gerakan dasar atletik diajarkan mulai jenjang SDLB/MILB. Gerak lokomotor adalah gerak memindahkan tubuh dari suatu tempat ke tempat lain misalnya berjalan berlari dan melompat sedangkan gerakan nonlokomotor adalah aktivitas yang menggerakan anggota tubuh pada porosnya dan pelaku tidak pindah tempat misalnya memutar mendorong dan menarik. Melalui pembelajaran gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor diharapkan siswa mampu melakukan gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dengan benar. Berdasarkan observasi awal Siswa masih mengalami kesalahan dalam melakukan gerak berjalan berlari melompat dan memutar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan gerak lokomotor dan (2) peningkatan gerak nonlokomotor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini Adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dengan permainan modifikasi. Melalui permainan modifikasi ini siswa melakukan gerak lokomotor dan nonlokomotor sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat siswa SDLB C mengalami kekurangan dalam gerak dasar. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan melakukan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi dari gerak lokomotor sikap kaki 71 36% sikap badan 66 54% sikap kepala 71 24% dan sikap lengan 76 06% dan gerak nonlokomotor sikap kaki 71 24% sikap badan 85 75% sikap kepala 71 14% dan sikap lengan 71 24% Dan mengalami peningkatan pada siklus 1 gerak lokomotor pada sikap kaki 43 16% sikap badan 52 43% sikap kepala 44 41% dan sikap lengan 55 13% dan gerak nonlokomotor pada sikap kaki 57 06% 52 31% sikap kepala 33 72% dan sikap lengan 66 51% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 gerak lokomotor pada sikap kaki 11 06% sikap badan 12 69% sikap badan 12 69% dan sikap lengan 23 52% pada gerak nonlokomotor pada sikap kaki 14 28% sikap badan 19 10% sikap kepala 14 28% dan sikap lengan 23 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dengan permainan modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDLB C di SLB Pembina Tingkat Nasional Lawang Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49701

Actions (login required)

View Item View Item