Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fiqih materi ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu kelas 2 di MI Thoriqul Huda Kota Batu / Lukman Hadi Sudrajat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fiqih materi ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu kelas 2 di MI Thoriqul Huda Kota Batu / Lukman Hadi Sudrajat

Sudrajat, Lukman Hadi (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fiqih materi ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu kelas 2 di MI Thoriqul Huda Kota Batu / Lukman Hadi Sudrajat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sudrajat Lukman Hadi. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ketentuan Shalat Fardu dan Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat Fardu Kelas 2 di MI Thoriqul Huda Kota Batu. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulthoni M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Dalam materi mata pelajaran fiqih banyak topik materi yang membutuhkan visualisasi obyek yang jelas. Dan salah satu materi tersebut yaitu ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu. Di MI Thoriqul Huda Kota Batu ditemui banyak siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi tersebut. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu dalam hal visualisasi obyek materi fiqih tentang ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu yang nantinya kesulitan siswa dalam materi tersebut bisa teratasi. Pengembangan multimedia pembelajaran ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran Fiqih kelas 2 materi ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu di MI Thoriqul Huda Kota Batu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004) sebagai dasar pengembangan multimedia pembelajaran. Dalam sistematika pengembangannya terdapat lima tahapan yaitu (1) analisis dan penilaian (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada satu orang ahli media satu orang ahli materi uji coba perorangan dengan 4 orang siswa uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa dan uji coba lapangan dengan 20 orang siswa. Produk media ini berbentuk software CD multimedia pembelajaran. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 76 5% ahli materi 93 7% uji coba perorangan 95% uji coba kelompok kecil 96 5% dan uji coba lapangan 95 5%. Dengan demikian multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran Fiqih materi ketentuan shalat fardu dan keserasian gerakan dan bacaan shalat fardu dapat digunakan sebagai media untuk proses pembelajaran. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran telah direvisi melalui saran ahli media dan ahli materi yang meliputi (1) memberikan keterangan (kembali/berikutnya) untuk tombol navigasi (2) intonasi oleh pengisi suara sudah diperhalus. Kemudian saran dan hasil revisi tersebut digunakan dalam penyempurnaan produk yang selanjutnya digunakan untuk uji coba perorangan kelompok kecil dan lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item