Penggunaan metode bermain untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran teknik dasar lompat jauh kelas V SDN Gejugjati 1 Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Baha'udin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode bermain untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran teknik dasar lompat jauh kelas V SDN Gejugjati 1 Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Baha'udin

Baha'udin (2012) Penggunaan metode bermain untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran teknik dasar lompat jauh kelas V SDN Gejugjati 1 Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Baha'udin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keaktifan siswa Teknik dasar Lompat Jauh bentuk-bentuk permainan. Berdasarkan hasil observasi awal tentang pembelajaran teknik dasar Lompat Jauh yang dilaksanakan di SDN Gejugjati l Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan diperoleh hasil bahwa siswa kelas V SDN Gejugjati I terlihat kurang bersemangat dalam pembelajaran atletik khususnya tentang teknik dasar Lompat Jauh. Hal ini diperkuat lagi melalui hasil wawancara dengan guru pendidikan jasmani bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran teknik dasar Lompat Jauh masih tergolong kurang karena pembelajaran dalam atletik khususnya Lompat Jauh kurang disenangi sehingga dalam aktivitas pembelajaran cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga keaktifan siswa dalam pembelajaran atletik Lompat Jauh juga masih rendah dari 32 jumlah siswa ada 37 5% siswa atau 12 siswa yang tergolong aktif dan 62 5% atau 20 siswa tergolong tidak aktif. Dalam atletik diperlukan pengembangan atletik yang memiliki unsur permainan. Untuk itu perlu adanya metode dengan bentuk-bentuk permainan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gejugjati I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi angketdan catatan lapangan. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa dari siklus ke siklus. Peningkatan keaktifan siswa pada saat pembelajaran pada siklus 1 mencapai 70%. Sedangkan peningkatan pada siklus 2 keaktifan siswa pada saat pembelajaran mencapai 86.66%. Peningkatan juga terjadi pada respon siswa melalui angket dari siklus 1 yaitu 78 12% dengan kategori baik menjadi 93 75% pada siklus 2 dengan kategori baik sekali. Peningkatan keaktifan siswa juga terlihat pada hasil observasi teknik dasar Lompat jauh pada siklus 1 yaitu 87 5% menjadi 93 75% pada siklus 2. Pengamatan teknik dasar Lompat Jauh berdasarkan 4 indikator yaitu sikap saat awalan saat melakukan tumpuan saat melayang dan saat melakukanpendaratan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani untuk menggunakan metode bermain dalam pembelajaran teknik dasar Lompat Jauh karena sudah terbukti berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bermain dalam pembelajaran teknik dasar Lompat Jauh dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49697

Actions (login required)

View Item View Item