Pengembangan alat pendaratan menggunakan matras jerami untuk pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V di SDN Karangrejo 4 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Desta Dwi Drastiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat pendaratan menggunakan matras jerami untuk pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V di SDN Karangrejo 4 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Desta Dwi Drastiana

Drastiana, Desta Dwi (2012) Pengembangan alat pendaratan menggunakan matras jerami untuk pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V di SDN Karangrejo 4 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Desta Dwi Drastiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Jerami Lompat Jauh Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus mampu membuat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan mampu membuat siswa lebih aktif pada pembelajaran sehingga terjadi proses belajar (learning) dan bukan mengajar (teaching). Untuk itu perlu adanya pendekatan kepada siswa variasi maupun modifikasi dalam pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan motivasi terhadap kemauan untuk belajar khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Wilayah Garum Kabupaten Blitar merupakan daerah pegunungan dan persawahan di daerah ini banyak sekali terdapat tanaman padi. Di Kabupaten Blitar banyak ditemui tanaman padi kering atau disebut sebagai jerami yang sifatnya mudah lunak lentur dan murah memungkinkan untuk membuat media pembelajaran dari jerami ini oleh karena itu peneliti merasa perlu membuat suatu model pembelajaran lompat jauh dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan dari daerah Garum yaitu dengan menggunakan jerami agar pembelajaran dapat berjalan baik efektif dan menyenangkan agar tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan angket yang ditujukan kepada 30 siswa dan 2 guru pendidikan jasmani serta observasi sekolah 2) pengembangan rancangan produk 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani 1 ahli media pendidikan jasmani yang menghasilkan berupa produk awal 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil 6) uji coba lapangan 7) revisi dari hasil uji coba lapangan menjadi produk akhir berupa media pendaratan pada pembelajaran lompat jauh. Berdasarkan hasil analisa ahli pembelajaran 77 9% menyatakan baik dan klarifikasi persentase antara 60 79 % tergolong dalam kriteria cukup valid ahli media 78 3 %menyatakan baik dan klarifikasi persentase antara 60 79 % tergolong dalam kriteria cukup valid dan hasil uji lapangan pada siswa kelas V di SDN Karangrejo 4 Garum Blitar 90% menyatakan baik dan klarifikasi persentase antara 80 100 % tergolong dalam kriteria valid. Produk pengembangan berupa media pendaratan menggunakan matras jerami 1) produk pertama yang menggunakan gambar subyek penelitian 2) produk ini telah melalui tinjauan ahli 3) produk ini dapat digunakan siswa dan guru pendidikan jasmani sebagai media pembelajaran. Produk pengembangan berupa media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diharapkan dapat dijadikan media oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam memberikan materi serta diharapkan dapat diterapkankan di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49696

Actions (login required)

View Item View Item