Peningkatan teknik passing bawah bolavoli menggunakan metode Part and Whole pada siswa kelas VIIB SMPK Mater Dei Probolinggo / Teguh Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan teknik passing bawah bolavoli menggunakan metode Part and Whole pada siswa kelas VIIB SMPK Mater Dei Probolinggo / Teguh Cahyono

Cahyono, Teguh (2012) Peningkatan teknik passing bawah bolavoli menggunakan metode Part and Whole pada siswa kelas VIIB SMPK Mater Dei Probolinggo / Teguh Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perbaikan pembelajaran passing bawah bolavoli part and whole Berdasarkan silabus kompetensi dasar yang disajikan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPK Mater Dei Probolinggo pada kelas VII semester gasal tahun ajaran 2011/2012 meliputi (1) start jongkok (2) lari jarak pendek 100 m (3) passing bawah bolavoli (4) passing atas bolavoli (5) PPPK (6) senam lantai guling depan (7) passing bola basket (8) lay up bola basket. Saat pembelajaran passing bawah bolavoli pada tanggal 4 Oktober 2011 peneliti melakukan observasi di kelas VIIB SMPK Mater Dei dan memperoleh data (1) guru menggunakan metode practice style dalam pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli (2) 16 siswa masih menggenggamkan jari-jari kedua tangannya (3) 13 siswa berporos pada siku saat melakukan passing bawah (4) 20 siswa posisi kaki lurus dengan badan yang masih tegak saat melakukan passing bawah bolavoli (5) 11 siswa masih salah dalam perkenaan bola pada genggaman tangan atau jari tangan (6) 14 siswa merasa kesakitan pada pergelangan tangan saat melakukan passing bawah. Dari hasil tersebut dapat diidentifikasi permasalahan sebagai berikut guru menggunakan pendekatan practice style dalam pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli sehingga pengguasaan teknik siswa tidak baik dan siswa belum bisa melakukan teknik dasar passing bawah bolavoli dengan benar. Peningkatan teknik dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model penelitian dari Kemmis Taggart yang setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Secara kolaborasi rencana perbaikan dilakukan dengan menerapkan part and whole. Metode part and whole merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara bertahap dari pengenalan/pembelajaran teknik bagian hingga gabungan dari keseluruhan teknik bagian yang merupakan teknik gerakan yang utuh (Winarno 1994). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik passing bawah bolavoli dengan menerapkan metode part and whole pada siswa VIIB SMPK Mater Dei Probolinggo. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I rata-rata sebesar 70 3% dengan taraf keberhasilan dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 91 7% dengan taraf keberhasilan dalam kategori baik sehingga dapat diketahui pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21 4% setelah penggunaan metode part and whole. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode part and whole dapat meningkatkan teknik passing bawah bolavoli siswa VIIB SMPK Mater Dei Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49692

Actions (login required)

View Item View Item