Peningkatan pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap menggunakan metode bermain pada siswa kelas 3 Bagian C (tunagrahita) Sekolah Dasar Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lawang / Mohammad Zainuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap menggunakan metode bermain pada siswa kelas 3 Bagian C (tunagrahita) Sekolah Dasar Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lawang / Mohammad Zainuri

Zainuri, Mohammad (2012) Peningkatan pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap menggunakan metode bermain pada siswa kelas 3 Bagian C (tunagrahita) Sekolah Dasar Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Lawang / Mohammad Zainuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Melempar dan Menangkap Metode Bermain Tunagrahita Praktek pembelajaran Penjasorkes di SDLB Pembina Tingkat Nasional Lawang masih belum maksimal Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa pembelajaran gerak melempar dan menangkap siswa kelas III bagian C (tunagrahita) ternyata kesalahan yang banyak muncul adalah sikap kaki sikap tangan dan proses pembelajaran yang membosankan. Jumlah siswa kelas III Bagian C adalah 6 siswa dari hasil observasi yang telah diperoleh 6 siswa mengalami kesulitan antara lain siswa kurang menguasai teknik melempar dan menangkap dengan benar siswa mudah merasa bosan dengan pembelajaran Penjasorkes siswa cenderung seenaknya sendiri dan siswa lebih senang dengan kegitan bermain. Oleh karena itu perlu adanya penyampaian materi dengan metode baru yaitu dengan metode bermain yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap menggunakan metode bermain pada 6 siswa kelas III Bagian C (Tunagrahita) Sekolah Dasar Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas III Bagian C (Tunagrahita). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari pertemuan ke pertemuan. Pada siklus I ternyata semua siswa sudah memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu di atas 76. Dari hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap penguasaan materi. Meskipun pada siklus I semua siswa sudah memenuhi standar ketuntasan minimal namun siklus II tetap dilakukan sebagai pemantapan materi gerak dasar melempar dan menangkap. Selain hal tersebut diperoleh hasil persentase keberhasilan sebagai berikut aspek psikomotor 47 91% aspek afektif 27 67% aspek kognitif 17 50% dan apabila dijumlah hasil keberhasilan siswa mencapai 93 08%. Peneliti menyarankan bagi guru bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan dan model pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap yang sudah diperbaiki bagi siswa digunakan sebagai pedoman belajar bagi sekolah digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran Penjasorkes dan bagi peneliti dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian yang berkaitan dengan materi pada skripsi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49679

Actions (login required)

View Item View Item