Pengaruh penerapan media video pembelajaran teknik dasar sepakbola menggunakan metode pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung Ponorogo / Fatoni Fitra Diasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media video pembelajaran teknik dasar sepakbola menggunakan metode pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung Ponorogo / Fatoni Fitra Diasa

Diasa, Fatoni Fitra (2012) Pengaruh penerapan media video pembelajaran teknik dasar sepakbola menggunakan metode pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung Ponorogo / Fatoni Fitra Diasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Problem Posing video pembelajaran teknik dasar sepakbola hasil belajar Mata pelajaran Penjaskes merupakan mata pelajaran yang secara keseluruhan proses pembelajaran berada di luar kelas. Ini merupakan tantangan bagi guru Penjaskes di SMP sehingga sangat perlu inovasi-inovasi baru dalam mengajar. Salah satunya adalah menerapkan suatu model pembelajaran Problem Posing. Di samping itu perlu juga dilakukan pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu memanfaatkan media video pembelajaran. Penyajian video dapat membantu penyampaian materi yang diberikan yaitu materi sepakbola dengan sampel 70 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Macam-macam variabel penelitian ini adalah penyajian video pembelajaran dengan bantuan metode pembelajaran problem posing (kelas eksperimen) dengan kelas yang disajikan video pembelajaran tanpa bantuan pembelajaran problem posing (kelas kontrol) sebagai variabel bebas model pembelajaran problem posing materi ajar yang diberikan dalam proses pembelajaran dan waktu pembelajaran sebagai variabel kontrol hasil post-test sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) LKS dan media video pembelajaran sebagai instrumen perlakuan serta 15 soal post-test sebagai instrumen pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran problem posing menggunakan media video pembelajaran lebih baik dari pada kelas yang hanya menggunakan media video pembelajaran saja. Kelas eksperimen memiliki nilai mean sebesar 73 25 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40 00. Kelas kontrol memiliki nilai mean sebesar 65 60 dengan nilai tertinggi 92 00 dan nilai terendah 36. Observasi selama penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran problem posing berbantuan media video pembelajaran memiliki keseriusan yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran dibandingkan kelas yang tidak mendapat perlakuan pembelajaran problem posing. Uji hipotesis dengan uji t menghasilkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 945 sehingga ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran dengan dan tanpa bantuan pembelajaran problem posing pada materi teknik dasar sepakbola. Karena nilai mean kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran problem posing bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49676

Actions (login required)

View Item View Item