Jayanti, Santi (2012) Meningkatkan kemenarikan pembelajaran lari cepat (sprint) dengan metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Tundosoro kabupaten Pasuruan / Santi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kemenarikan pembelajaran lari jarak pendek bermain. Atletik merupakan salah satu materi Pendidikan jasmani yang wajib diberikan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Atletik adalah cabang olahraga yang meliputi nomor jalan lari lempar dan lompat. Didalam nomor lari ada beberapa macam keterampilan yang diajarkan di sekolah-sekolah yang seperti 1) lari cepat (sprint) 2) lari jarak menengah 3) lari jarak jauh dan 4) lari sambung. Lari cepat (sprint) merupakan salah satu macam dari cabang atletik. Melalui pembelajaran lari cepat (sprint) diharapkan siswa lebih perhatian senang dan termotivasi serta lebih tekun terhadap materi yang diberikan. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa kemenarikan pembelajara lari cepat (sprint) di SDN TUNDOSORO Kabupaten Pasuruan masih kurang optimal. Masih banyak siswa yang kurang senang tidak memperhatikan bahkan bermalas-malasan di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemenarikan pembelajaran lari cepat (sprint) setelah melakukan metode bermain. Melalui bermain ini siswa melakukan pembelajaran lari cepat (sprint) sambil bermain. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lari cepat (sprint) dengan metode bermain. Melalui bermain siswa melaksankan pembelajaran lari cepat (sprint). Hal ini sangat penting mengingat banyak siswa yang kurang senang kurang memperhatikan dan bermalas-malasan dalam pembelajaran cepat (sprint). Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru SDN TUNDOSORO merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemenarikan siswa terhadap pembelajaran lari cepat (sprint) siswa kelas IV SDN TUNDOSORO Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari 1) perhatian dalam pembelajaran sebesar 50 77% 2) senang dalam belajar sebesar 60 93% 3) keinginan lebih/motivasi dalam pembelajaran sebesar 59 37% 4) ketekunan sebesar 49 22%. Hasil tindakan siklus 2 dari 1) perhatian dalam pembelajaran sebesar 75 78% 2) senang dalam belajar sebesar 82 03% 3) keinginan lebih/motivasi sebesar 76 56% 4) ketekunan sebesar 69 53%. Hasil tindakan siklus 3 dari 1) senang dalam belajar sebesar 84 37% 2) senang dalam belajar sebesar 87 52% 3) keinginan lebih/motivasi sebesar 82 03% 4) ketekunan sebesar 78 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lari cepat (sprint) dengan metode bermain dapat meningkatkan kemenarikan pembelajaran pada siswa kelas IV SDN TUNDOSORO Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49674 |
Actions (login required)
View Item |