Hasan, Achmad Fariz Sulton (2012) Pengembangan pembelajaran senam lantai dalam bentuk multi media interaktif siswa kelas X SMA atau sederajat / Achmad Fariz Sulton Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif senam lantai. Senam lantai merupakan salah satu ruang lingkup mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Atas yang diajarkan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X di SMA Negeri 3 Lumajang. Dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 3 Lumajang materi senam lantai diberikan dalam ruang lingkup pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas X materi senam lantai diberikan pada semester ganjil dan genap dengan 3 kali pertemuan pada tiap semester materi yang diberikan meliputi guling depan guling belakang dan meroda sumber belajar yang digunakan untuk siswa kelas X yaitu buku Lembar Kerja Siswa (LKS) nguru belum pernah memberikan materi senam lantai menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif SMA Negeri 3 Lumajang memiliki ruang multimedia ruang komputer dan memiliki LCD dan laptop sebagai penunjang berjalannya pembelajaran. Sedangkan dari hasil penelitian awal yang dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 3 Lumajang yang berjumlah 42 siswa diperoleh data sebagai berikut (1) semua siswa kelas X menerima materi senam lantai pada ruang lingkup pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (2) 28 siswa (66 67%) menggunakan sumber belajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan 14 siswa (33 33%) tidak menggunakan sumber belajar apapun sebagai penunjang mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya materi senam lantai (3) semua siswa dapat mengoperasikan komputer dengan baik (4) 34 siswa (80 96%) memiliki komputer atau laptop pribadi dan 8 siswa (19 04%) tidak memiliki komputer ataupun laptop pribadi (5) semua siswa belum pernah menerima materi senam lantai dengan menggunakan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran senam lantai dalam bentuk multimedia interaktif mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang diharapkan dapat membantu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas X SMA atau sederajat Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu hanya melakukan sampai pada langkah ke tujuh yaitu melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan cara memberi kuesioner kepada 1 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas X dan 42 siswa perwakilan dari siswa kelas X di SMA Negeri 3 Lumajang melakukan perencanaan pembuatan produk media pembelajaran senam lantai dalam bentuk multimedia interaktif yang berisi tujuan pengembangan dan macam-macam materi yang ada di dalamnya pengembangan draf produk media pembelajaran senam lantai dalam bentuk multimedia interaktif berupa skrip serta pengevaluasian terhadap para ahli uji coba produk awal dilakukan di SMA Negeri 3 Lumajang dengan melibatkan 9 subjek uji coba sebagai perwakilan siswa kelas X merevisi hasil uji coba sesuai dengan saran dan masukan hasil dari uji coba lapangan awal uji coba produk akhir dilakukan di SMA Negeri 3 dengan melibatkan 35 siswa sebagai perwakilan siswa kelas X menyempurnakan dan merevisi produk sesuai dengan saran dan masukan dari hasil uji coba produk akhir Berdasarkan evaluasi dari ketiga ahli tentang pengembangan pembelajaran senam lantai dalam bentuk multimedia interaktif untuk SMA kelas X maka dapat disimpulkan bahwa untuk mengoptimalkan potensi media pembelajaran senam lantai sebagai produk sebagai multimedia digital perlu adanya penambahan gerakan slow motion animasi dan pemberian pengantar atau penjelasan langsung dari peniliti selain itu juga perlu adanya penambahan variasi gerakan pada senam lantai penambahan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan cara pemberian pertolongan pada senam lantai. Dan hasil uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 siswa kelas X SMA Negeri 3 Lumajang diperoleh presentase 82.46 % yang tergolong kategori baik dan dapat digunakan dan tidak direvisi dan dilanjutkan ke uji kelompok besar yang dilakukan pada siswa kelas X sebanyak 35 siswa. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok besar yaitu diperoleh presentase 86.91% yang tergolong kategori baik dan dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan. Produk pengembangan media pembelajaran senam lantai dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa kelas X ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terkait pembelajaran senam lantai. Produk yang dihasilkan merupakan produk yang ditujukan untuk siswa SMA Negeri 3 Lumajang kelas X akan tetapi tidak menutup kemungkinan produk ini bisa digunakan oleh sekolah lain terkait pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dalam penyebarluasan produk pengembangan ini ke sasaran yang lebih luas sebaiknya memperhatikan saran berikut ini Sebelum disebarluaskan ke ruang lingkup yang lebih luas sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju dan disesuaikan dengan kurikulum yang ada pada setiap sekolah maupun instansi yang dituju. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas dari produk yang dikembangkan ini karena hasil dari pengembangan ini masih terbatas sampai tersusun sebuah produk saja dan diharapkan pada penelitian dan pengembangan selanjutnya untuk melakukan langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall sampai pada langkah ke-10.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49672 |
Actions (login required)
View Item |