Meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek pada siswa kelas VII G SMP Negeri I Batu dengan metode bermain dan berlomba Rudi Handoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek pada siswa kelas VII G SMP Negeri I Batu dengan metode bermain dan berlomba Rudi Handoko

Handoko, Rudi (2012) Meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek pada siswa kelas VII G SMP Negeri I Batu dengan metode bermain dan berlomba Rudi Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci efektivitas pembelajaran lari jarak pendek metode bermain dan berlomba Tingkat efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu faktor utama kesuksesan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Efektivitas suatu kegiatan belajar dapat terlihat dari proses pembelajaran itu sendiri. Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus kreatif dalam merancang pembelajaran salah satunya adalah dalam pembelajaran lari jarak pendek. Pembelajaran lari jarak pendek dapat dilakukan dengan metode bermain dan berlomba. Metode bermain dan berlomba merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dalam pendidikan jasmani yang berpusat pada permainan dan siswa untuk membelajarkan tentang permainan yang berhubungan erat dengan olahraga dengan sifat pembelajaran yang konstruktif. Penelitian ini adalah tentang Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri I Batu dengan Metode Bermain dan Berlomba . Permasalahannya yaitu bagaimana meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek di kelas VII G SMP Negeri I Batu dengan metode bermain dan berlomba. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri I Batu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan di mana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahap-tahapan 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan (observasi) dan 4. Refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil pembelajaran lari jarak pendek dengan metode bermain dan berlomba pada siklus I diketahui indikator teknik start jongkok Pada aba-aba bersedia sikap yang dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 21 siswa atau 56 8%. Pada aba-aba siap sikap yang benar adalah sebanyak 23 siswa atau 62 2%. Pada aba-aba ya sikap yang benar yang dilakukan oleh siswa adalah sebanyak 25 siswa atau 67 6%. Pada teknik berlari persentase gerakan benar adalah 86 5%. Sedangkan teknik memasuki garis finis persentase gerakan benar sebesar 81 1%. Pada siklus II indikator teknik start jongkok pada aba-aba bersedia sikap yang dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 29 siswa atau 78 4%. Pada aba-aba siap sikap yang benar adalah sebanyak 31 siswa atau 83 8%. Pada aba-aba ya sikap yang benar yang dilakukan oleh siswa adalah sebanyak 33 siswa atau 89 2%. Pada teknik berlari persentase gerakan benar adalah 94 6%. Sedangkan teknik memasuki garis finis persentase gerakan benar sebesar 89 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49670

Actions (login required)

View Item View Item