Urgensi penggunaan media pembelajaran berbasis hasil karya guru untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini (Studi kasus di Pos PAUD Mentari Lowokwaru Malang) / Agustina Dwi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Urgensi penggunaan media pembelajaran berbasis hasil karya guru untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini (Studi kasus di Pos PAUD Mentari Lowokwaru Malang) / Agustina Dwi Susanti

Susanti, Agustina Dwi (2013) Urgensi penggunaan media pembelajaran berbasis hasil karya guru untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini (Studi kasus di Pos PAUD Mentari Lowokwaru Malang) / Agustina Dwi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Hasil Karya Guru Pos PAUD. Dewasa ini di setiap kecamatan se-Kota Malang telah terdapat Pos PAUD namun masih ada Pos PAUD yang tidak memiliki media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai macam media pembelajaran hasil karya guru mengetahui cara guru dalam membuat media pembelajaran untuk anak usia dini mengetahui penggunaan media pembelajaran hasil karya guru serta mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan media pembelajaran hasil karya guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus karena pada saat penelitian penulis menemukan kasus kurangnya media pembelajaran di Pos PAUD Mentari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Teknik analisis data pada penelitian dengan menggunakan reduksi data display data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan oleh guru yang terbagi dalam tiga bagian antara lain adalah media pembelajaran yang dirancang dibuat serta dirancang dan dibuat oleh guru PAUD. Adapun media pembelajaran yang dihasilkan oleh guru PAUD sebagai berikut media pembelajaran kartu bergambar media art media balok bersusun media anyaman dan media pembelajaran ronce sedotan. Untuk menghasilkan media pembelajaran guru membuat rancangan media pembelajaran terlebih dahulu dengan langkah-langkah sebagai berikut menganalisis kebutuhan peserta didik dan membuat desain media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Media pembelajaran yang dihasilkan guru dapat meningkatkan perkembangan anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar Pos PAUD Mentari Lowokwaru Malang memperbanyak penyediaan media pembelajaran untuk peserta didik dan berupaya agar dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan hendaknya lebih sering menggunakan media pembelajaran hasil karya guru karena itu setiap guru harus mampu membuat semua jenis media pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik sesuai dengan perkembangan mereka. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item