Sari, Eka Ratna Asih Yuliana (2012) Perbaikan gerak melayang pada lompat jauh gaya menggantung melalui metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas IV di SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Eka Ratna Asih Yuliana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Perbaikan Gerak Melayang Lompat Jauh Gaya Menggantung Metode Bermain. Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai hasil jarak terjauh. Pembelajaran lompat jauh di sekolah umumnya belum berjalan dengan lancar demikian pula yang terjadi pada kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor salah satu di antaranya penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung siswa kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati yaitu awalan tumpuan saat melayang dan saat mendarat persentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik saat melayang yaitu 90 33%. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki gerak melayang pada lompat jauh gaya menggantung dengan metode bermain. Metode bermain digunakan agar siswa tidak bosan selama pembelajaran lompat jauh gaya menggantung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tes praktik lompat jauh gaya menggantung observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan di mana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahaptahapan 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan (observasi) dan 4. Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan metode bermain terjadi perbaikan pada keterampilan gerak melayang siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh dari tiap siklus. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus 1 dari aspek sikap badan saat melayang yang melakukan dengan benar sebesar 41 9%. Hasil siklus 2 menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan lompat jauh khususnya pada gerak melayang di udara dengan keberhasilan dari aspek sikap badan saat melayang yang melakukan dengan benar sebesar 90 3%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di SDN Asrikaton II agar dapat menggunakan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode bermain dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran lompat jauh gaya menggantung khususnya pada gerak melayang di udara karena berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat memperbaiki gerak melayang pada lompat jauh gaya menggantung siswa kelas IV SDN Asrikaton II Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49667 |
Actions (login required)
View Item |