Meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang menggunakan pendekatan bermain / Arif Faisol Halim - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang menggunakan pendekatan bermain / Arif Faisol Halim

Halim , Arif Faisol (2012) Meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang menggunakan pendekatan bermain / Arif Faisol Halim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan meroda pembelajaran senam lantai bermain Meroda adalah suatu gerakan memutar ke samping yang pada suatu saat bertumpu pada kedua tangan dengan kedua kaki terbuka lebar. Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang ternyata kesalahan yang banyak muncul di lapangan adalah pada posisi tangan posisi tungkai dan sikap akhir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang dengan menggunakan pendekatan bermain. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan meroda setelah diberi tindakan pada siklus 1. Hasilnya dari 32 siswa ada 30 siswa mampu melakukan gerakan yang benar pada sikap awal dengan persentase 93 75% dengan kategori baik 27 siswa mampu melakukan gerakan benar pada posisi tangan dengan persentase 84 37% dengan kategori baik 25 siswa mampu melakukan gerakan yang benar pada posisi tungkai dengan persentase 78 12% dengan kategori baik dan 26 siswa mampu melakukan gerakan yang benar pada sikap akhir dengan persentase 81 25% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49666

Actions (login required)

View Item View Item