Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini

Kusrini (2012) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode bermain siswa aktif pembelajaran lompat tinggi Lompat tinggi merupakan salah satu cabang atletik yang diajarkan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil data observasi awal yang dilakukan diperoleh data/informasi bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran lompat tinggi pada SD Negeri Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan masih sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi dan modelling untuk memberikan contoh kepada siswa. Dengan metode ceramah dan modeling banyak siswa yang tidak serius dalam mengikuti pelajaran. Mereka kebanyakan asyik bermain sendiri tanpa memperhatikan guru yang sedang berceramah di depan kelas. Untuk itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain. Pembelajaran dengan mertode ini mempunyai ciri yaitu siswa merasa senang bersemangat mengikuti pelajaran dan tekun dalam mengikuti pembelajaran. Dengan metode ini diharapkan semua siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran lompat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran lompat tinggi di kelas IV SD Negeri Sumberdawesari II. Dan diharapkan pula pembelajaran ini akan lebih menarik dan dapat berhasil dilaksanakan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dengan 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumberdawesari II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil observasi awal pada penelitian ini menunjukkan ketidak tuntasan pada pembelajaran lompat tinggi karena siswa lebih banyak yang duduk-duduk dan tidak menghiraukan materi yang diberikan oleh guru sebanyak 68 42% menjadi 96 15%. Namun pada siklus I dan II sudah dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan yang sangat berarti bagi guru pendidikan jasmani yaitu indikator senang dari 69 33% menjadi 82 66% semangat 70 66% menjadi 80% dan tekun 72 66% menjadi 84%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan metode bermain dan penerapan bentuk-bentuk permainan yang dilakukan guru dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49641

Actions (login required)

View Item View Item