Meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat dengan metode bermain dan berlomba pada siswa kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Meilinda Henik Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat dengan metode bermain dan berlomba pada siswa kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Meilinda Henik Hidayati

Hidayati, Meilinda Henik (2012) Meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat dengan metode bermain dan berlomba pada siswa kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Meilinda Henik Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keaktifan gerak dasar lompat bermain berlomba Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lompat merupakan salah satu nomer dari cabang atletik. Melalui pembelajaran gerak dasar lompat diharapkan siswa lebih senang aktif paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat di SD Negeri Kronto III Kec. Lumbang Kab. Pasuruan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak aktif tidak semangat tidak senang dan tidak tekun di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat setelah menggunakan metode bermain dan berlomba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran gerak dasar lompat dengan pendekatan bermain dan berlomba. Siswa melakukan gerakan melompat sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik khususnya pembelajaran gerak dasar lompat. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat siswa kelas IV SD Negeri Kronto III mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 70 83% 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 83 33% 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 75 00% 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 66 66% sehingga rata-rata skor keaktifan dalam pembelajaran sebesar 73 95% dalam kategori cukup baik. Hasil tindakan siklus 2 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 91 66% 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 95 83% 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 91 66% 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 83 33% sehingga skor rata-rata sebesar 90 62% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar lompat dengan metode bermain dan berlomba dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat siswa kelas IV SD Negeri Kronto III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49640

Actions (login required)

View Item View Item