Hubungan kemampuan komunikasi widyaiswara dengan prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Irham Yudha Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan komunikasi widyaiswara dengan prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Irham Yudha Permana

Permana, Irham Yudha (2013) Hubungan kemampuan komunikasi widyaiswara dengan prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Irham Yudha Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permana Irham Yudha. 2013. Hubungan Kemampuan Komunikasi Widyaiswara dengan Prestasi Belajar Peserta Diklat Perkoperasian Dasar di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Ishom Ihsan M.Pd (II) Dr. Zulkarnaen Nasution M.Pd Kata Kunci kemampuan komunikasi widyaiswara prestasi belajar Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam diklat merupakan salah satu bentuk dari proses komunikasi. Widyaiswara memiliki tanggungjawab terhadap berlangsungnya komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sehingga widyaiswara dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar menghasilkan proses pembelajaran yang efektif. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti data evaluasi kepada fasilitator/widyaiswara pada pelaksanaan Diklat Perkoperasian Dasar Tahun 2012 fasilitator dengan nilai tertinggi mendapatkan nilai delapan puluh tiga koma sembilan dan terendah mendapatkan nilai delapan puluh tiga koma enam. Dari penilaian terhadap lima orang widyaiswara didapat nilai rata-rata delapan puluh tiga koma tujuh. Sedangkan dari data evaluasi terhadap peserta melalui post-test didapat data nilai rata-rata pos- test enam puluh tiga koma tujuh belas dengan nilai tertinggi tujuh puluh tujuh koma lima. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi widyaiswara prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kemampuan komunikasi widyaiswara dengan prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan angket. Analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data koding tabulasi data mendeskripsikan data melakukan analisis deskriptif dan melakukan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kemampuan komunikasi widyaiswara pada pelaksanaan diklat perkoperasian dasar yang dinilai dari kredibilitas daya tarik dan kekuatan widyaiswara diperoleh kesimpulan bahwa widyaiswara memenuhi syarat sebagai pendidik. Kedua prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar mengalami peningkatan yang signifikan. Ketiga terdapat hubungan yang positif antara kemampuan komunikasi widyaiswara dengan prestasi belajar peserta diklat perkoperasian dasar. Berdasarkan temuan penelitian disampaikan beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur hendaknya mempertahankan atau bahkan meningkatkan kemampuan komunikasi widyaiswara. (2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hendaknya mengembangkan program-program pelatihan keterampilan berkomunikasi bagi tenaga pendidik atau pengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item