Meningkatkan efektivitas pembeajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Dwi Catur Andy Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan efektivitas pembeajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Dwi Catur Andy Saputro

Saputro, Dwi Catur Andy (2012) Meningkatkan efektivitas pembeajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Dwi Catur Andy Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci efektivitas pembelajaran gaya membelakangi bermain berlomba Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Tolak peluru gaya membelakangi adalah salah satu nomer lempar dari cabang atletik. Melalui pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi diharapkan siswa lebih senang aktif paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa efektivitas pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi di SMP Negeri 1 Wlingi masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak senang tidak memperhatikan dan tidak aktif di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran tolak peluru setelah melakukan bermain dan berlomba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lembar observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba. Melalui bermain dan berlomba ini siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 3 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan melakukan teknik tolak peluru gaya membelakangi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Wlingi mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari penguasaan gerak dalam pembelajaran sebesar 55 58% 2) keaktifan dalam pembelajaran sebesar 46 32% 3) orientasi belajar dari pada bermain sebesar 47 58% 4) senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 50 73% 5) pemahaman materi dalam pembelajaran sebesar 67 64%. Hasil tindakan siklus 2 dari penguasaan gerak dalam pembelajaran sebesar 74 26% 2) keaktifan dalam pembelajaran sebesar 67 64% 3) orientasi belajar dari pada bermain sebesar 63 97% 4) senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 67 64% 5) pemahaman materi dalam pembelajaran sebesar 88 23%. Hasil tindakan siklus 3 dari penguasaan gerak dalam pembelajaran sebesar 85 29% 2) keaktifan dalam pembelajaran sebesar 84 55% 3) orientasi belajar dari pada bermain sebesar 82 37% 4) senang dalam pembelajaran sebesar 87 5% 5) pemahaman materi dalam pembelajaran sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan pendekatan bermain dan berlomba dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49637

Actions (login required)

View Item View Item