Pengembangan buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep / Adi Molyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep / Adi Molyono

Molyono, Adi (2012) Pengembangan buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep / Adi Molyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas. Olahraga renang ada empat gaya umum yang digunakan diantaranya adalah gaya bebas gaya kupu-kupu gaya punggung dan gaya dada. Dilihat dari segi manfaatnya renang juga bisa menjadi sarana penunjang bagi siswa untuk bergerak dengan bebas dengan tujuan utamanya adalah untuk membekali siswa dengan sebuah keterampilan hidup atau keterampilan untuk mengisi waktu senggang dengan renang yang menyehatkan. Kemudian dilihat dari aspek psikologis dan segi sosialnya berenang banyak bermanfaat bagi kehidupan anak. Dilihat dari aspek psikologis berenang bagi anak memiliki nilai yang khas dan meluas cakupannya yaitu memupuk keberanian dan perasaan mampu serta percaya diri disamping untuk membangkitkan suasana kegembiraan yang tidak dijumpai dalam aktifitas jasmani lainnya dari segi sosial yakni manakala ada orang yang memerlukan pertolongan akibat kecelakaan dalam air ( karena banjir perahu tenggelam) maka orang yang terampil berenang akan dapat membantunya. Diketahui bahwa di SMP telah ada meteri renang. Guru renang di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep menerapkan pembelajaran renang dengan 4 gaya yang diajarkan yaitu gaya bebas gaya punggung gaya kupu-kupu dan gaya dada. Namun pada prakteknya untuk melakukan teknik renang terutama gaya bebas siswa masih mengalami kesulitan khususnya siswa kelas VIII. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor pembelajaran yang diajarkan kurang variatif. Untuk itu peneliti perlu melakukan suatu cara agar siswa kelas VIII bisa lebih mudah menguasai teknik renang gaya bebas. Dan peneliti melakukan suatu cara berupa Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Renang Gaya Bebas Untuk SMP Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep dan diharapkan dengan adanya buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas siswa bisa lebih cepat menguasai cara renang gaya bebas dengan benar. Penelitian ini teknik pengembangan yang digunakan adalah teknik pengembangan Research Development (R D) dari Borg Gall (1983 775). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan cara kuesioner berupa angket yang diberikan kepada 1 orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani 1 orang ahli renang dan 1 orang ahli media serta siswa yang berisipertanyaantentangisiBuku Ajar PembelajaranTeknikRenang Gaya Bebasdenganmengacupadametodeatauprosedur yang telahditentukan. Data Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Teknik Renang Gaya Bebas ini adalah data kuantitatif karena data yang diperoleh dinyatakan dengan angka bukan kalimat. Data analisis tersebut diperoleh dengan cara memberi skor pada kuesioner yang diberikan. dimana hasil data uji coba kelompok kecil adalah 95 05% dan untuk uji lapangan (kelompok besar) adalah 90 75%. Serta untuk klasifikasi persentase secara keseluruhan pada pengembangan buku ajar pembelajaran teknik renang gaya bebas adalah dengan hasil yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49635

Actions (login required)

View Item View Item