Zakariyah, M. (2012) Meningkatkan efektivitas aspek afektif pada pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan pendekatan bermain siswa kelas IV SDN Tambakrejo Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / M. Zakariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Meningkatkan Efektifitas aspek afektif bermain. Olahraga atletik adalah olahraga yang diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lompat jauh adalah salah satu nomer lompat dari cabang atletik. Melalui pembelajaran lompat jauh diharapkan siswa lebih senang semangat mempunyai sikap disiplin dan percaya diri. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa efektivitas pada aspek afektif pembelajaran lompat jauh di SD Negeri Tambakrejo Kecamatan Pasrepan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak semangat tidak disiplin dan kurang percaya diri di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas aspek afektif pembelajaran lompat jauh setelah melakukan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lembar observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain. Melalui bermain ini siswa dapat meningkatkan sikap/afektifnya dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik (lompat jauh). Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas aspek afektif pembelajaran lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari Indikator Kedisiplinan dalam pembelajaran sebesar 62% Indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 71 3% Indikator percaya diri dalam pembelajaran sebesar 74 7% dan rata-rata dari semua indikator pada siklus I memperoleh sebesar 69 3% dan termasuk dalam kategori cukup. Hasil tindakan pada siklus 2 dari Indikator Kedisiplinan dalam pembelajaran sebesar 78 6% Indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 79 3% Indikator percaya diri dalam pembelajaran sebesar 81 3% dan rata-rata dari semua indikator pada siklus II memperoleh sebesar 79 7% dan termasuk dalam kategori baik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan efektivitas aspek afektif pada pembelajaran lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49629 |
Actions (login required)
View Item |