Nugroho, Bagus Wahyu (2012) Peningkatan keterampilan lempar lembing gaya jingkat dengan menggunakan metode bermain modifikasi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Bagus Wahyu Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Peningkatan Keterampilan Lempar Lembing Gaya Jingkat Metode Bermain Modifikasi. Lempar lembing gaya jingkat merupakan keterampilan melemparkan lembing dengan didahuli awalan berjingkat. Lempar Lembing merupakan salah satu materi atletik yang yang terdapat dalam standar kompetensi Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Salah satu kompetensi dasarnya yaitu siswa menguasai keterampilan lempar lembing. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lempar lembing gaya jingkat VIII A SMP Negeri 2 Rejotangan masih kurang. Jumlah siswa kelas VIII A adalah 25 siswa 14 diantaranya laki-laki dan 11 siswa perempuan dari hasil observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 25 ternyata 18 siswa masih belum mencapai SKM yang telah yang ditentukan yaitu 75. Hal tersebut dikarenakan beberapa sebab seperti bentuk fisik malas kurang konsentrasi dan kurang mengetahui teknik. Oleh karena itu perlu adanya metode baru untuk penyampaian materi yaitu dengan penerapan metode bermain untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif dalam menenerima pelajaran agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik maka unsur-unsur bermain harus diperhatikan karena unsur yang terkandung dalam permainan adalah kegembiraan dan keceriaan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan lempar lembing gaya jingkat siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Rejotangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui satu siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Rejotangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dokumentasi tes. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa. Pada observasi awal siswa yang pada awalnya 18 orang yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu 75 berkurang menjadi 2 siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Dari hasil tersebut menunjukan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan lempar lembing gaya jingkat yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada akhir penerapan. Selain hasil persentasi mengenai keterampilan lempar lembing gaya jingkat diperoleh pula hasil dari pengamatan sikap siswa pada saat proses pembelajaran pada siklus 1 pertemuan 1 siswa masih melakukan pemanasan sendiri tanpa didampingi oleh guru siswa yang terlambat tidak ditegur oleh guru siswa yang menyimpang tidak segera ditegur oleh guru dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat guru menjelaskan. Namun pada pertemuan 2 sudah terlihat peningkatan yang cukup baik dibandingkan dengan pertemuan I pada pertemuan 3 ini sudah tidak ada siswa yang terlambat siswa menjadi lebih disiplin siswa melakukan proses belajar dengan baik dan siswa sudah menguasai keterampilan lempar lembing gaya jingkat dengan baik dan benar. Walaupun pada post-test siklus I ini masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua. Peneliti menyarankan bagi guru bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan dan model pembelajaran lempar lebing gaya jingkat yang sudah diperbaiki bagi siswa digunakan sebagai pedoman belajar bagi sekolah dapat digunakan sebagai tolok/patokan ukur untuk keberhasilan pembelajan Pendidikan Jasmani dan bagi peneliti dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian.yang berkaitan dengan materi pada skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49628 |
Actions (login required)
View Item |