Ridoni, Rubita Andaru (2012) Peningkatan kemampuan teknik menumpu lompat jauh dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas X Jurusan Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang / Rubita Andaru Ridoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keterampilan Lompat Jauh Gaya Menggantung Metode Part and Whole Lompat jauh adalah salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Atas. Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai hasil jarak terjauh. Pembelajaran di sekolah umumnya belum berjalan secara semestinya dibandingkan dengan olahraga permainan demikian pula yang terjadi pada Kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang. Hal tersebut dikarenakan banyak factor salah satu diantaranya penerapan metode part and whole belum diberlangsungkan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode part and whole agar pembelajaran lompat jauh lebih meningkat. Metode part and whole merupakan pendekatan pembelajaran yang mengajarkan aktivitas jasmani berdasarkan klasifikasi yang diterima. Metode part and whole sesuai untuk pelajaran teknik dasar yaitu dari bagian dari teknik hingga teknik keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani yang mengajar dikelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan metode part and whole terjadi peningkatan pada keterampilan menumpu siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh dari tiap siklus. Pada siklus 1 dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 54 16% sedangkan yang melakukan kesalahan 45 63%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan peningkatan Penguasaan keterampilan lompat jauh khususnya pada teknik menumpu dengan masing- masing taraf keberhasilan dari aspek menumpu di antaranya dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 91 66%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan metode part and whole dapat meningkatkan pembelajaran teknik menumpu pada lompat jauh siswa kelas X Kriya Kayu SMK Negeri 5 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49626 |
Actions (login required)
View Item |