Peningkatan keterampilan tolak peluru gaya O'Brein siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan Kabupaten Tulungagung menggunakan metode bermain bola modifikasi / Tohari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan tolak peluru gaya O'Brein siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan Kabupaten Tulungagung menggunakan metode bermain bola modifikasi / Tohari

Tohari (2012) Peningkatan keterampilan tolak peluru gaya O'Brein siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan Kabupaten Tulungagung menggunakan metode bermain bola modifikasi / Tohari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Gaya O Brein Metode bermain Bola Modifikasi. Tolak peluru gaya O Brein adalah merupakan salah satu materi atletik yang yang terdapat dalam standart kompetensi Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Salah satu kompetensi dasarnya yaitu siswa menguasai keterampilan tolak peluru. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan tolak peluru gaya O Brein siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan masih kurang. Jumlah siswa kelas VIII D adalah 27 siswa 16 diantaranya laki-laki dan 11 siswa perempuan dari hasil observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 27 ternyata 22 siswa masih belum melampaui SKM yang telah yang ditentukan yaitu 75. Hal tersebut dikarenakan beberapa sebab seperti bentuk fisik perasaan tegang perasaan takut kurang konsentrasi dan kurang memahami teknik. Oleh karena itu perlu adanya pembaruan metode penyampaian materi yaitu dengan penerapan metode bermain untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif dalam menenerima pelajaran agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik maka unsur-unsur bermain harus diperhatikan karena unsur yang terkandung dalam permainan adalah kegembiraan dan keceriaan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan tolak peluru gaya O Brein siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan menggunakan metode bermain bola modifikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dokumentasi tes. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan. Pada observasi awal siswa yang pada awalnya 22 orang yang belum memenuhi standart ketuntasan minimal yaitu 75 berkurang menjadi 3 siswa yang belum memenuhi standart ketuntasan minimal. Dari hasil tersebut menunjukan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan tolak peluru gaya O Brein siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Rejotangan yang terlihat dari perbandingan hasil observasi awal yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil refleksi yang diberikan pada akhir penerapan. Selain hasil persentasi mengenai keterampilan tolak peluru gaya O Brein diperoleh pula hasil dari pengamatan sikap siswa pada saat proses pembelajaran pada siklus 1 pertemuan 1 guru tidak mendampingi siswa pada saat pemanasan siswa yang menyimpang tidak segera ditegur oleh guru dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat guru menjelaskan. Namun pada pertemuan 2 sudah terlihat peningkatan yang cukup baik dibandingkan dengan pertemuan I pada pertemuan 3 sudah tidak ada siswa yang terlambat siswa yang menyimpang menjadi lebih disiplin siswa melakukan proses belajar dengan baik dan siswa sudah menguasai keterampilan tolak peluru gaya O Brein dengan baik dan benar. Walaupun pada refleksi siklus I ini masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua. Peneliti menyarankan bagi guru bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan dan model pembelajaran tolak peluru gaya O Brein yang sudah diperbaiki bagi siswa digunakan sebagai pedoman belajar bagi sekolah dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk keberhasilan pembelajan Pendidikan Jasmani dan bagi peneliti dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian.yang berkaitan dengan materi pada skripsi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49625

Actions (login required)

View Item View Item