Peningkatan keterampilan senam lantai guling ke belakang melalui penerapan part - whole methods pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Malang / Aditya Bangun Septiohadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan senam lantai guling ke belakang melalui penerapan part - whole methods pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Malang / Aditya Bangun Septiohadi

Septiohadi, Aditya Bangun (2012) Peningkatan keterampilan senam lantai guling ke belakang melalui penerapan part - whole methods pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Malang / Aditya Bangun Septiohadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peningkatan keterampilan senam lantai guling ke belakang part-whole methods dan KKM. Senam lantai merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diberlakukan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani saat pembelajaran senam lantai guling ke belakang yang dilakukan terhadap siswa kelas IX-F di SMP Negeri 10 Malang didapatkan hasil penguasaan senam lantai guling ke belakang kurang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diberlakukan di sekolah tersebut. Hal itu tentunya menuntut peningkatan keterampilan lebih ditingkatkan lagi untuk memenuhi hasil belajar yang lebih baik lagi diterapkan part-whole methods. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan senam lantai guling ke belakang melalui penerapan part-whole methods pada siswa kelas IX-F di SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Peneliti berkolaborasi dengan Bapak Suyono selaku guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang mengajar di kelas IX-F SMP Negeri 10 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan part-whole methods pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 10 Malang terjadi peningkatan hasil pada keterampilan guling ke belakang. Hasil observasi awal dari sikap awal dengan tingkat kesalahan 15 63% posisi tangan dengan tingkat kesalahan 59 37% posisi tungkai dengan tingkat kesalahan 34 37% dan sikap akhir dengan tingkat kesalahan 18 75%. Hasil tindakan siklus 1 dari sikap awal dengan tingkat kesalahan 6 25% posisi tangan dengan tingkat kesalahan 12 5% posisi tungkai dengan tingkat kesalahan 9 37% dan sikap akhir dengan tingkat kesalahan 0%. Hasil tindakan siklus 2 dari sikap awal tingkat kesalahannya 0% posisi tangan dengan tingkat kesalahan 3 13% posisi tungkai dengan tingkat kesalahan 3 13% dan sikap akhir tingkat kesalahannya 0%. Simpulan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan part-whole methods di SMP Negeri 10 Malang pada siswa kelas IX-F dapat meningkatkan keterampilan senam lantai guling ke belakang. Saran dari penelitian ini adalah metode bagian-keseluruhan (part-whole methods) sebaiknya diterapkan juga dalam pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49621

Actions (login required)

View Item View Item