Wiyarso, Adi (2012) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung melalui pendekatan Play and Games siswa kelas VI SD Negeri Watulumbung III Kecamatan Lumbang / Adi Wiyarso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode play and games siswa aktif pembelajaran lari sambung Lari sambung merupakan salah satu cabang atletik yang diajarkan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SD Negeri Watulumbung III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan masih sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi dan modelling untuk memberikan contoh kepada siswa. Peneliti menyadari adanya perbedaan tingkat pemahaman dan tingkat penerapan informasi pada setiap siswa yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode play and games. Salah satu ciri pembelajaran dengan menggunakan metode play and games adalah siswa senang dan banyak bergerak. Dengan proses pembelajaran tersebut siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran lari sambung sehingga hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari sambung kelas VI SD Negeri Watulumbung III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan menggunakan metode play and games. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 persentase siswa yang tidak tekun dalam pembelajaran sangat tinggi yaitu 41 16%. Pada siklus 2 siswa yang tidak tekun turun menjadi 12 5% sehingga siswa mengalami peningkatan dalam aspek ketekunan yaitu dari 58 33% pada siklus 1 meningkat menjadi 87 5% pada siklus 2. Secara umum keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung pada siklus 1 meningkat pada sikus 2 dari 64 58% meningkat menjadi 94 79%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode play and games dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung kelas VI SD Negeri watulumbung III Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49619 |
Actions (login required)
View Item |