Meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran lempar lembing menggunakan pendekatan permainan siswa kelas VIII B SMPK Sang Timur Malang / Omeg Adyan Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran lempar lembing menggunakan pendekatan permainan siswa kelas VIII B SMPK Sang Timur Malang / Omeg Adyan Susanto

Susanto, Omeg Adyan (2012) Meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran lempar lembing menggunakan pendekatan permainan siswa kelas VIII B SMPK Sang Timur Malang / Omeg Adyan Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci meningkatkan keaktifan pembelajaran pendekatan permainan lempar lembing. Di dalam dunia pendidikan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik maka diperlukan juga manajemen kurikulum yang baik pula. Salah satu kurikulum yang dipakai akhir-akhir ini adalah kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Salah satu materi dalam kurikulum tersebut adalah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani keterampilan gerak keterampilan berfikir kritis keterampilan sosial penalaran stabilitas emosional tindakan emosional tindakan moral aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani olahraga dan kesehatan terpilih secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pada materi Pendidikan Jasmani terdapat materi yang berisi tentang keterampilan peserta didik dalam melaksanakan olahraga cabang atletik salah satunya adalah lempar lembing. Demikian juga dengan kurikulum KTSP di SMPK Sang Timur yang menekankan siswa agar siswa dapat menemukan jati diri dengan belajar secara aktif mandiri dan kreatif. Salah satu materinya yaitu pembelajaran lempar lembing masalah praktis yang dihadapi adalah bahwa peserta didik belum belajar secara aktif dan mandiri. Keaktifan peserta didik kelas VIII B SMPK Sang Timur yang masih kurang dan masih dalam kategori kurang aktif sehingga peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan permainan yang digunakan untuk membantu meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII B SMPK Sang Timur Malang. Pembelajaran lempar lembing menggunakan lembing standar mengharuskan siswa belajar di tempat yang jauh dan mengurangi aktivitas siswa yang berakibat pada tingkat keaktifan siswa SMPK Sang Timur yang hanya sebesar 46 56% dengan penjelasan pada masing-masing indikator sebagai berikut 1) sportivitas dalam bermain sebesar 36 25% 2) memberi saran pada teman sebesar 48 75% 3) memperhatikan saran dari teman atau guru sebesar 38 75% 4) saat pemanasan sebesar 67 50% dan pada saat materi inti sebesar 46 25% 5) semangat sebesar 43 75% kesenangan saat belajar sebesar 45 00% dan tetap beraktivitas sebesar 46 25% . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Dimana pada penelitian ini terdapat empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) pengamatan 4) refleksi yang kemudian bila ternyata belum mencapai target maka diadakan siklus selanjutnya sampai persyaratan belajar terpenuhi. Tindakan dilakukan dengan memodifikasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49618

Actions (login required)

View Item View Item