Purnomo (2012) Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran memvoli bola pada kelas IV SDN Welulang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan menggunakan metode bermain / Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran memvoli bola menggunakan metode bermain Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah. Proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat dikatakan berjalan dengan baik apabila dilaksanakan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut (1) Antusias anak dalam mengikuti pelajaran (2) Tampak kesungguhannya (3) Siswa merasa gembira (4) Aktivitas fisik yang dilakukan siswa terjadi pada ambang yang memadai dan sesuai dengan kemampuan fisik mereka dan (5) Siswa merasa telah memperoleh keterampilan gerak baru menurut syarifudin (dalam Setyawan 2009 2). Permainan dan olahraga merupakan salah satu ruang lingkup dari mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk Sekolah Dasar Kelas IV Semester Gasal. Salah satu materi pembelajaran dari permainan dan olahraga yaitu memvoli bola. Memvoli adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan memukul atau mendorong bola sebelum bola jatuh ke tanah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh teman sejawat terhadap peneliti pada tanggal 27 Oktober 2011 di SDN Welulang I kelas IV semester gasal terhadap proses pembelajaran memvoli bola keaktifan siswa tidak baik yaitu 36 9% disamping itu terjadi kekurangan pada pembelajaran guru. Kekurangan-kekurangan tersebut terdapat pada keterampilan dasar mengajar pengelolaan kelas dan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran memvoli bola pada kelas IV SDN Welulang I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada observasi awal presentasi keaktifan siswa tidak baik yaitu 36 9%. Pada siklus I keaktifan siswa meningkat 19 5% menjadi 56 4%. Pada siklus II keaktifan siswa meningkat 28 6% menjadi 85%% dengan kategori baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode bermain yang diberikan oleh guru dalam penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran memvoli bola pada kelas IV SDN Welulang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49617 |
Actions (login required)
View Item |