Aplikasi hakikat manusia sebagai makhluk individu pada kurikulum 2013 SMP / Syaifur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi hakikat manusia sebagai makhluk individu pada kurikulum 2013 SMP / Syaifur Rohman

Rohman, Syaifur (2014) Aplikasi hakikat manusia sebagai makhluk individu pada kurikulum 2013 SMP / Syaifur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohman Syaifur. 2014. Aplikasi Landasan Filosofis Tentang Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Individu pada Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. Kata Kunci Landasan Filosofis Individu Kurikulum 2013. Tanpa mengurangi tingkat urgensi landasan-landasan lain landasan filosofis menjadi landasan yang sangat mendasar dan urgen dalam pengembangan kurikulum. Hal ini bukan tanpa alasan karena pada dasarnya pendidikan adalah proses interaksi antara sesama manusia dan sumber belajar lain untuk mencapai tujuan pendidikan yang diramu dalam sebuah kurikulum. Oleh karena itu pandangan tentang siapa manusia dan bagaimana implikasinya pada penataan unsur-unsur pendidikan menjadi penting dipahami dan membutuhkan jawaban yang esensial dan mendasar yakni jawaban-jawaban filosofis atau berdasarkan filsafat (Sukmadinata 1988 43). Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran tentang penataan beberapa unsur-unsur pendidikan dalam Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama berdasarkan landasan filsafat tentang hakikat manusia sebagai makhluk individu. Unsur-unsur yang akan diteliti meliputi guru siswa tujuan dan isi strategi serta evaluasi pendidikan. Dalam penelitian ini digunakan satu metode pengumpulan data. Metode tersebut adalah metode dokumentasi atau studi dokumen. Dimana dalam hal ini peneliti berperan sebagai pengamat penuh. Langkah-langkah dalam metode dokumentasi yang digunakan meliputi tahap penentuan sumber data perumusan indikator identifikasi klasifikasi dan tahap analisis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hasil penelitian sebagai berikut (1) penataan unsur-unsur pendidikan yang sesuai dengan landasan filsafat tentang hakikat manusia sebagai makhluk individu meliputi unsur guru siswa dan unsur tujuan (2) penataan unsur-unsur pendidikan yang tidak sesuai dengan landasan filsafat tentang hakikat manusia sebagai makhluk individu meliputi unsur strategi dan evaluasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penataan unsur-unsur pendidikan dalam Kurikulum 2013 belum sepenuhnya tepat berdasarkan landasan filsafat tentang hakikat manusia sebagai makhluk individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item