Pengembangan model permainan kejar-kejaran dan halang rintang beranting dalam pembelajaran lari estafet untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan / Okvan Kusuma Faishol Akbar

Akbar, Okvan Kusuma Faishol (2011) Pengembangan model permainan kejar-kejaran dan halang rintang beranting dalam pembelajaran lari estafet untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan / Okvan Kusuma Faishol Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: permainan, lari estafet, kejar-kejaran, halang rintang beranting Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlom-baan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Dari data analisis kebutuhan yang peneliti lakukan kepada 20 siswa di SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, dapat disimpulkan bahwa 80% siswa menganggap pembelajaran lari estafet tidak menyenangkan. Dalam pembelajaran lari estafet di SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, tidak ada media yang digunakan sehingga pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Menurut observasi dengan 2 guru penjaskes kelas XI, nilai siswa kelas XI untuk lari estafet sangat kurang dan siswa kurang menguasai teknik dasar lari estafet. Untuk itu peneliti akan mengembangkan permaian kejar-kejaran dan halang rintang beranting di SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model permainan kejar-kejaran dan halang rintang beranting yang menyenangkan dalam pembelajaran lari estafet kelas XI di SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan. Prosedur dan tahap-tahap pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhan. (2) Pembuatan produk awal. (3) Tinjauan ahli. (4) Uji coba produk awal (kelompok kecil). (5) Revisi produk pertama. (6) Uji coba lapangan (kelompok besar). (7) Revisi produk akhir. (8) Produk akhir. Pengumpulan data untuk data evaluasi ahli berupa kuesioner/angket untuk: (1) 1 ahli pembelajaran pendidikan jamani. (2) 1 ahli permainan. Untuk mendapatkan data hasil uji coba kelompok kecil menggunakan 20 siswa kelas XI dan untuk uji coba kelompok besar menggunakan 30 siswa kelas XI. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa instrumen yang disajikan dalam bentuk kuesioner/angket. Teknik analisis yang digunakan untuk mengelola data hasil penelitian adalah teknik persentase. Hasil penelitian pengembangan model permainan kejar-kejaran dan halang rintang beranting dalam pembelajaran lari estafet diperoleh hasil sebagai berikut: (1) permainan kejar-kejaran menurut ahli permainan yaitu 80% (valid) dan permainan halang rintang beranting menurut ahli permainan yaitu 85% (valid). (2) permainan kejar-kejaran menurut ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu 90% (valid) dan permainan halang rintang beranting menurut ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu 90% (valid). (3) uji coba tahap I (kelompok kecil) untuk permainan kejar-kejaran yaitu 96.25% (valid) dan uji coba tahap I (kelompok kecil) untuk permainan halang rintang beranting yaitu 96.41%. (valid). (4) uji coba tahap II (kelompok besar) untuk permainan kejar-kejaran yaitu 98.78% (valid) dan uji coba tahap II (kelompok besar) untuk permainan halang rintang beranting 99.05% (valid).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49576

Actions (login required)

View Item View Item