Pengaruh kedisiplinan pembina terhadap tingkat rasa percaya diri remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Malang / Septi Prastika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kedisiplinan pembina terhadap tingkat rasa percaya diri remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Malang / Septi Prastika Sari

Sari, Septi Prastika (2013) Pengaruh kedisiplinan pembina terhadap tingkat rasa percaya diri remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Malang / Septi Prastika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kedisiplinan pembina Rasa percaya diri Panti Asuhan merupakan sebuah lembaga pendidikan dan pengajaran kepada anak didik yang didasarkan atas ajaran Islam dengan tujuan ibadah untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Oleh karena itu pola kedisiplinan oleh pembina di panti asuhan sangat menarik untuk diteliti. Karena di dalam perkembangan rasa percaya diri anak ada berbagai persoalan yang menyangkut pemenuhan hak anak melalui 3 konsep pengasuhan pembina yaitu pengajaran pengganjaran (penghargaan dan hukuman) serta pembujukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan pembina terhadap tingkat rasa percaya diri pada remaja anak asuh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya menyangkut kepercayaan diri remaja dan diharapkan dapat dipergunakan bagi para pembina untuk meningkatkan rasa pecaya diri pada remaja kususnya para pembina di Panti Asuhan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Kota Malang dan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja berjumlah 60 orang tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner wawancara terstuktur dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisa yang digunakan tehnik analisa product moment pearson analisis regresi linier sederhana serta dilakukan pengujian dengan uji-t untuk mengetahui hubungan antara dua variabel kedisiplinan pembina dan tingkat rasa percaya diri remaja. Dalam penelitian ini telah diperoleh hasil dengan taraf signifikansi 95% sehingga hasil yang diperoleh yaitu 0 874 0 254 dan terbukti terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan pembina dan rasa percaya diri. Selanjutnya yaitu melakukan analisis regresi linier sederhanadengan signifikansi 95% sehingga 13.728 2000 dan kedisiplinan pembina berpengaruh terhadap rasa percaya diri remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Upaya yang dilakukan para pembina dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada remaja anak asuh antara lain memberikan kebebasan memberikan nasehat dan pengarahan melibatkan remaja dalam berbagai kegiatan memberikan pendidikan baik formal atau non formal pembinaan keterampilan melatih kemandirian menerapkan disiplin yang konsisten memberikan penghargaan atas prestasi pembinaan dengan hukuman dan Pendidikan dan pembinaan keagamaan. (2)Upaya yang dilakukan pembina sudah sesuai dengan teori-teori tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri. (3) Hasil dari usaha-usaha pembina dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada remaja anak asuh di PA Kota Malang membuahkan hasil yang positif. Hal ini terlihat dari prilaku remaja yang menunjukan adanya rasa percaya diri serta banyaknya remaja yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik (4) Kegiatan pembinaan disiplin merupakan program dari pendidikan luar sekolah dan penyelenggaraan kegiatan ini adalaha sebuah lembaga Panti Asuhan maka dari itu hendaknya jurusuan terus lebih banyak melakukan kerjasama dengan instansi lembaga lain sehingga berbagai penyelenggaraan kegiatan pendidikan luar sekolah tersebut dapat di ampu oleh jurusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item