Pengembangan VCD pembelajaran senam taebo siswa kelas XII semester II di SMA 1 Panarukan / Tizar Angga Prawira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan VCD pembelajaran senam taebo siswa kelas XII semester II di SMA 1 Panarukan / Tizar Angga Prawira

Prawira, Tizar Angga (2011) Pengembangan VCD pembelajaran senam taebo siswa kelas XII semester II di SMA 1 Panarukan / Tizar Angga Prawira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan VCD Senam Taebo Siswa kelas XII semester II SMA 1 Panarukan. Pada saat ini senam yang paling populer di Indonesia yaitu senam aerobik karena senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan selalu kreatif. Latihan senam aerobik memberi banyak manfaat antara lain meningkatkan daya tahan jantung paru-paru menguatkan otot-otot tubuh kelenturan dan membakar kalori. Senam sembari mendengarkan musik memberi efek yang teramat positif selain memompa semangat juga memberi rasa rileks. Seiring dengan perkembangan jaman senam aerobik juga memiliki banyak variasi gerakan salahsatunya dinamakan senam taebo. Tidak terkecuali juga di SMA 1 panarukan yang setiap akhir semester untuk kelas XII selalu dilakukan tes senam aerobik. Untuk menambah variasi gerakan senam aerobik siswa peneliti bertujuan untuk mengembangkan VCD pembelajaran dengan variasi gerakan yang beda yaitu senam taebo sehingga diharapkan dengan adanya VCD pembelajaran ini siswa bisa mengerti bahwa masih banyak variasi gerakan pada senam aerobik. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan keseluruhan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan VCD pembelajaran senam taebo adalah sebagai berikut 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan 2) Mengembangkan bentuk produk awal berupa rancangan produk 3) Evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu 1 ahli senam taebo 1 ahli media dan 1 ahli pembelajaran 4) Revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari evaluasi para ahli dan uji coba kelompok kecil) 5) Uji coba lapangan (pada 1 sekolah menggunakan 30-100 subjek) 6) Revisi produk akhir (sesuai dengan saran-saran dari hasil uji lapangan) 7) Hasil akhir produk pengembangan VCD pembelajaran senam Taebo siswa kelas XII semester II di SMA 1 Panarukan. Dan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase. Hasil pengembangan ini berupa VCD Pembelajaran Senam Taebo. Diharapkan hasil produk ini dapat diujicobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah menengah atas dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49558

Actions (login required)

View Item View Item