Studi pelaksanaan asesmen pembelajaran pendidikan jasmani pada aspek psikomotorik di SMP Negeri se-kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan semester ganjil 2010/2011 / Dody Priyo Prasetyo

Prasetyo, Dody Priyo (2011) Studi pelaksanaan asesmen pembelajaran pendidikan jasmani pada aspek psikomotorik di SMP Negeri se-kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan semester ganjil 2010/2011 / Dody Priyo Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Asesmen, Aspek Psikomotorik, Guru Penjaskes Aspek psikomotorik sangat penting dalam pelaksanaan asesmen bagi guru pendidikan jasmani, karena untuk pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan materi pembelajaran yang sudah diberikan oleh gurupendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan asesmen guru pendidikan jasmani dalam aspek psikomotorik pada mata pelajaran pendidikanjasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan semester ganjil tahun 2010/211. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 guru yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek angket, materi yang disajikan sudah sesuai dengan KTSP. Hasil pelaksanaan asesmen materi pendidikan jasmani pada aspek psikomotorik dari 4 responden guru pendidikan jasmani se-Kecamatan Karangrejo, di SMP Negeri 1 Karangrejo sudah melaksanakan asesmen pada aspek psikomotorik 100%, sedangkan untuk SMP Negeri 2 Karangrejo juga sudah melaksanakan asesmen pada aspek psikomotorik 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah empat guru pendidikan jasmani dan kesehatan sudah melaksanakan asesmen pada pendidikan jasmani pada aspek psikomotorik tetapi tidak semua materi yang ada di dalam KTSP untuk kelas tujuh dan delapan disajikan secara maksimal dari kedua SMP Negeri se-Kecamatan Karangrejo berdasarkan data pendukung berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan daftar penilaian dari masing-masing sekolah. Saran bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dalam melakukan asesmen hendaknya lebih memperhatikan pada aspek psikomotorik, khususnya pada materi yang disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Materi harus disajikan dan dilakukan asesmen dengan maksimal sehingga dapat diukur dengan baik. Serta mampu meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sehingga tujuan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bisa tercapai dengan baik khususnya pada aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49552

Actions (login required)

View Item View Item