Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 18 Malang / Agus Harianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 18 Malang / Agus Harianto

Harianto, Agus (2011) Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 18 Malang / Agus Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa maupun guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada jenjang formal yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama) pada khususnya. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbagai media dapat digunakan untuk membantu kelancaran dan kefektifan pembelajaran salah satunya adalah modul. Tujuan pengembangan Modul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ini adalah sebagai altenatif dalam membantu proses pembelajaran sebagai bahan ajar. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah Modul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas IX Semester Ganjil yang berisikan pedoman guru pedoman siswa dan kegiatan belajar yang terdiri dari materi tes formatif dan sumatif dan kunci jawaban pada bagian akhir. Sasaran pebelajar adalah siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan cara penyebaran angket dan observasi (wawancara) kepada seorang guru Pendidikan Jasmani kelas IX (2) melakukan perencanaan (pendefinisian keterampilan penentuan urutan pengajaran) (3) pengembangan bentuk produk awal berupa rancangan produk (d) melakukan uji lapangan permulaan (dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 9 subyek yang diambil dari 9 kelas pada kelas IX) (5) Melakukan revisi terhadap produk utama (sesuai dengan saran-saran hasil uji lapangan permulaan) (6) melakukan uji lapangan utama (dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 45 subyek yang diambil dari 9 kelas pada kelas IX) (7) Melakukan revisi terhadap produk operasional (revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasil uji coba lapangan utama) kemudian menjadi produk akhir berupa modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester ganjil. Instrumen uji coba produk yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 9 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 45 orang siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pendidikan jasmani dan membantu proses pembelajaran sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49550

Actions (login required)

View Item View Item