Pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang / Mohammad Imam Eko Widiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang / Mohammad Imam Eko Widiyanto

Widiyanto, Mohammad Imam Eko (2011) Pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang / Mohammad Imam Eko Widiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan. Salah satu aktivitas senam yang diajarkan di SMP adalah senam lantai guling ke depan agar siswa dapat melakukan guling ke depan dengan baik maka guru selain menguasai materi juga harus memiliki strategi pembelajaran yang sesuai dan dapat menunjang pembelajaran guling ke depan sebagai pedoman pembelajaran yang dilakukan. Hal itu perlu diadakan suatu pemecahan masalah dengan alternatife dengan menggunakan alat bantu yang berupa penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan agar siswa berani dan mudah melakukan guling ke depan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan alat pembelajaran guling ke depan sebagai berikut 1) melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi pembelajaran guling ke depan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 18 Malang 2) menyusun rancangan produk berupa pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan yang dievaluasi oleh ahli pembelajaran dan senam 3) mengembangkan bentuk produk awal berupa alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan setelah dievaluasi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam 4) melakukan uji coba kelompok kecil (dilakukan pada siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 7 subyek) 5) melakukan revisi terhadap produk awal (sesuai hasil uji coba kelompok kecil dan saran para ahli) hasil revisi merupakan produk utama 6) melakukan uji lapangan (kelompok besar dilakukan pada siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 35 subyek) terhadap produk utama 7) melakukan revisi terhadap produk utama berdasarkan hasil uji coba lapangan dan evaluasi dan saran-saran para ahli sehingga diperoleh produk akhir. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 7 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 35 orang siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Malang alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan diharapkan dapat dijadikan alat bantu oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi guling ke depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49547

Actions (login required)

View Item View Item