Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan pendekatan modifikasi di kelas VII B SMP Negeri 3 Batu / Syamsul Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan pendekatan modifikasi di kelas VII B SMP Negeri 3 Batu / Syamsul Hadi

Hadi, Syamsul (2011) Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan pendekatan modifikasi di kelas VII B SMP Negeri 3 Batu / Syamsul Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada observasi awal yang dilakukan peneliti diperoleh data dan fakta antara lain 1). materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan nomor atletik yang di ajarkan di kelas VII adalah lari jarak pendek 50 meter lompat jauh gaya jongkok tolak peluru awalan menyamping lempar cakram awalan menyamping. 2). metode pembelajaran tolak peluru gaya menyamping yaitu dengan metode ceramah dan demonstrasi. Guru menjelaskan terlebih dahulu teknik melakukan tolak peluru kemudian siswa melakukan secara bergantian sesuai instruksi dari guru. 3). beberapa siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran (24 siswa atau 77%) ditandai dengan duduk-duduk di pinggir lapangan bergurau dengan teman saat siswa lain melakukan menolak peluru. 4). Selama pembelajaran siswa terlihat kurang memiliki motivasi hal ini ditunjukkan dengan siswa kurang bersemangat selama mengikuti pelajaran (20 siswa atau 62 5%). 5). Sebagian besar siswa terlihat bermain-main sendiri saat pelajaran berlangsung yaitu ketika siswa lain melakukan gerakan menolak. Sambil menunggu giliran siswa bergurau dan bermain-main dengan teman lain. 6). Siswa banyak yang mengganggur menunggu giliran melakukan tolak peluru. 7). Siswa kurang senang dengan pembelalajaran tolak peluru (25 siswa atau 78 12%). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran tolak peluru gaya menyamping menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan modifikasi siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Batu. Pengambilan data dilaksanakan 18 maret-15 april 2011. Data diperoleh dari catatan lapagan lembar observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi siswa selama mengikuti pembelajaran tolak peluru gaya menyamping di setiap siklus dari siklus 1 siklus 2 dan siklus 3. Pada siklus 1 masih terdapat kekurangan di setiap indikator partisipasi siswa. Pada siklus 1 persentase indikator tiap siklus adalah sebagai berikut 1). indikator keaktifan dalam pembelajaran 52 50% dengan taraf keberhasilan kurang baik 2) indikator motivasi sebesar 56 25% dengan taraf keberhasilan cukup baik 3) indikator prakarsa sebesar 51 25% dengan taraf keberhasilan kurang baik 4) indikator ketekunan sebesar 55% dengan taraf keberhasilan kurang baik 5) indikator orientasi belajar dari pada bermain sebesar 50% dengan taraf keberhasilan kurang baik 6) indikator senang atau enjoy dalam pembelajaran sebesar 60% dengan taraf keberhasilan cukup baik. Rata-rata skor partisipasi siswa di atas sebesar 54 17% yang termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus 2 terjadi peningkatan disetiap indikator partisipasi siswa. Persentase tiap indikator tersebut adalah sebagai berikut 1) indikator keaktifan dalam pembelajaran sebesar 71 87% dengan taraf keberhasilan cukup baik 2) indikator motivasi sebesar 72 5% dengan taraf keberhasilan cukup baik 3) indikator prakarsa sebesar 66 87% dengan taraf keberhasilan cukup baik 4) indikator ketekunan sebesar 71 87% dengan taraf keberhasilan cukup baik 5) indikator orientasi belajar dari pada bermain sebesar 70 62% dengan taraf keberhasilan cukup baik 6) indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 76 25% dengan taraf keberhasilan baik. Rata-rata skor partisipasi siswa di atas sebesar 71 66% yang termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus 3 terjadi peningkatan partisipasi siswa selama mengikuti pembelajaran dengan persentase tiap indikator sebagai berikut 1) indikator keaktifan dalam pembelajaran sebesar 82 5% dengan taraf keberhasilan baik 2) indikator motivasi sebesar 83 12% dengan taraf keberhasilan baik 3) indikator prakarsa sebesar 78 75% dengan taraf keberhasilan baik 4) Indikator ketekunan sebesar 78 75% dengan taraf keberhasilan baik 5) indikator orientasi belajar dari pada bermain sebesar 83 12% dengan taraf keberhasilan baik 6) indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 87 5% dengan taraf keberhasilan baik. Rata-rata skor partisipasi siswa di atas sebesar 82 29% yang termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan modifikasi dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Batu. Bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan model pembelajaran dengan pendekatan modifikasi dapat digunakan sebagai referensi dalam memberikan materi tolak peluru gaya menyamping berikutnya untuk meningkatkan partisipasi siswa. Selanjutnya bagi peneliti hendaknya dapat dijadikan masukan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49546

Actions (login required)

View Item View Item