Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester genap SMP Negeri 18 Malang / Beni Hendarwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester genap SMP Negeri 18 Malang / Beni Hendarwanto

Hendarwanto, Beni (2011) Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IX semester genap SMP Negeri 18 Malang / Beni Hendarwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran dari isi kurikulum pendidikan. Sumber belajar di SMP Negeri 18 khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang berbasis buku adalah LKS dan buku BSE yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2010. Modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas IX di SMP Negeri 18 Kota Malang untuk membantu proses pembelajaran. Modul ini dikembangkan sesuai dengan KTSP yang terdapat pada SMP Negeri 18 Kota Malang. Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah materi yang disajikan dalam modul ini disesuaikan dengan KTSP SMP Negeri 18 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut (a) pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan cara penyebaran angket dan wawancara (b) membuat rancangan produk (c) evaluasi 3 orang yang terdiri dari 1 ahli media dan 2 ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (d) revisi produk awal dengan menyesuaikan hasil dari uji kelompok kecil (e) uji coba lapangan dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal (f) revisi produk akhir dengan menyesuaikan dari hasil uji lapangan (g) hasil akhir produk modul mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk siswa kelas IX semester genap SMP Negeri 18 Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 9 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 45 orang siswa kelas IX SMP Negeri 18 Kota Malang modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam memberikan materi pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49544

Actions (login required)

View Item View Item