Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 18 Kota Malang / Baskoro Nugroho Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 18 Kota Malang / Baskoro Nugroho Putro

Putro, Baskoro Nugroho (2011) Pengembangan modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 18 Kota Malang / Baskoro Nugroho Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Modul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Malang untuk membantu proses pembelajaran. Modul ini dikembangkan sesuai dengan KTSP yang terdapat pada SMP Negeri 18 Kota Malang. Sebelumnya SMP Negeri 18 Kota Malang menggunakan LKS pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang isinya kurang sesuai dengan KTSP SMP Negeri 18 Kota Malang. Sumber belajar yang sesuai dengan KTSP sangat dibutuhkan bagi SMP Negeri 18 Kota Malang karena diharapkan dari sumber belajar tersebut siswa terbantu dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada 1 orang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VIII 2) pengembangan rancangan produk 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 2 ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan 1 ahli modul yang menghasilkan berupa produk awal 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil 6) uji coba lapangan pada kelompok besar 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas VIII semester ganjil. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 8 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 32 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Malang modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa modul pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49542

Actions (login required)

View Item View Item