Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan VCD untuk siswa kelas III SDN Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun kota Malang / Pradana Yudiputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan VCD untuk siswa kelas III SDN Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun kota Malang / Pradana Yudiputra

Yudiputra, Pradana (2011) Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan VCD untuk siswa kelas III SDN Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun kota Malang / Pradana Yudiputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Berdasarkan observasi yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun Kota Malang kurang dilakukan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok yaitu awalan tumpuan saat melayang di udara serta mendarat untuk siswa 8-9 tahun karena tidak adanya bak lompat yang tersedia dan guru yang mengajar di bidang olahraga.guru olahraga di SDN Bandung Rejosari IV adalah guru kelas. Maka peneliti ingin membuat model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok di Sekolah Dasar Negeri Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun Kota Malang sehingga pembelajaran lebih menarik dan siswa menyukai olahraga atletik khususnya lompat jauh gaya jongkok. Lompat jauh termasuk bagian nomor lompat dalam cabang olahraga atletik Adapun cara melakukan lompat jauh gaya jongkok yaitu (1) awalan atau ancang-ancang (2) tumpuan atau tolakan (3) melayang di udara ( 4) mendarat di bak pasir. perlu dilakukan suatu strategi pembelajaran lompat jauh yang dapat membuat siswa mempunyai keberanian sehingga tidak takut melakukan lompatan pada bak pasir dengan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan. Pengembangan tersebut yang mempunyai 11 langkah yaitu (1)Kajian teori (2) Observasi langsung (3) Analisis kebutuhan (4) naskah (5) evaluasi (6 Revisi (7) Prototipe (8) Evaluasi (9) Revisi Produk (10) Evaluasi Produk (11) Produksi Subyek uji coba dalam pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ini terdiri dari (1) Tinjauan ahli terdiri dari 2 orang dan 1 guru pendidikan jasmani (2) 1 orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan 1 orang ahli media (3). Instrument pengumpulaan data menggunakan instrumen deskripsi instrument 1 penilaian buku teks PENJASORKES untuk SD/MI SMP/MTs dan SMA/SMK/MA 2009yang di validasi oleh ahli. Dengan adanya VCD pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ini diharapkan siswa tertarik mudah dan senang melakukan aktivitas atletik khususnya lompat jauh gaya jongkok tersebut. Namun dari pengembangan ini yang disusun mempunyai kekurangan yaitu perlu dikembangkan pada subyek yang lebih luas lagi sehingga pengembangan yang telah disusun dapat lebih dikembangkan permainan-permainan yang lebih bervariasi dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49517

Actions (login required)

View Item View Item