Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani terkait dengan keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto tahun 2010 / Puguh Satya Hasmara - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani terkait dengan keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto tahun 2010 / Puguh Satya Hasmara

Hasmara, Puguh Satya (2011) Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani terkait dengan keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto tahun 2010 / Puguh Satya Hasmara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Survei sarana prasarana pembelajaran pendidikan jasmani Untuk menciptakan suasana belajar yang efektif banyak faktor yang memperngaruhinya salah satunya adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadahi. Pada umunya kondisi sarana dan prasarna di sekolah kurang mendapat perhatian yang serius. Terbukti dengan setelah melakukan observasi awal di SMP Bhakti pada tanggal 24 Mei 2010 ada beberapa sarana dan prasarana yang seharusnya ada dan sudah tercantum dalam silabus yang telah disusun tetapi SMP Bhakti tidak memilikinya. Sarana dan prasarana yang tidak dimiliki tersebut salah satunya adalah lapangan sepakbola. Dengan kreatifitas guru menghadapi kondisi sarana dan prasarana yang seperti demikian proses pembelajaran masih bisa berlangsung dengan berbagai modifikasi. Meskipun juga ada beberapa materi yang tidak tersampaikan akibat kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki misalnya materi renang tidak disampaikan karena sekolah tidak memiliki kolam renang. Dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai tersebut dapat mengakibatkan tidak berkembangnya bakat yang dimiliki siswa dan pada akhirnya dapat berpengaruh pada perkembangan olahraga nasional yang semakin mennurun dikarenakan bahwa bibit atlit nasional 80% berasal dari siswa sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP se Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto serta untuk mengetahui kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 5 sekolah yaitu SMPN 1 Pacet SMPN 2 Pacet SMPN 3 Pacet SMP Bhakti SMPK Santo Yusup. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1). SMPN 1 Pacet memiliki prosentase kelengkapan sarana sebesar 79 07% (baik) dan prasarana sebesar 46 15% (kurang baik). SMPN 2 Pacet memiliki prosentase kelengkapan sarana sebesar 60 47% (cukup baik) dan prasarana sebesar 23 08% (tidak baik). SMPN 3 Pacet memiliki prosentase kelengkapan sarana sebesar 62 79% (cukup baik) dan prasarana sebesar 30 77% (tidak baik). SMPK Santo Yusup Pacet memiliki prosentase kelengkapan sarana sebesar 65 12% (cukup baik) dan prasarana sebesar 46 15% (kurang baik). SMP Bhakti Pacet memiliki prosentase kelengkapan sarana sebesar 51 16% (kurang baik) dan prasarana sebesar 38 46% (tidak baik). SMP se-Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto memiliki prosentase rata-rata sarana pendidikan jasmani sebesar 63 72% atau sebanyak 27 sampai 28 item dari jumlah total 43 item sarana maka dapat dikategorikan cukup baik. Serta memiliki prasarana sebesar 36 92% atau sebanyak 6 sampai 7 item dari total 13 item prasarana maka dapat dikategorikan tidak baik. (2). Untuk keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani SMPN 1 Pacet mencapai 85 71% (termasuk dalam kategori baik) SMPN 2 Pacet mencapai 78 57% (termasuk dalam kategori baik) SMPN 3 Pacet mencapai 64 29% (termasuk dalam kategori cukup baik) SMPK Santo Yusup Pacet mencapai 78 57% (termasuk dalam kategori baik) dan SMP Bhakti Pacet mencapai 78 57% (termasuk dalam kategori baik). Dari 14 materi Pendidikan Jasmani yang harusnya terlaksana SMP se-Kecamatan Pacet berhasil menuntaskan 77 14% atau sebanyak 10 sampai 11 materi maka dapat dikategorikan baik. Saran hendaknya Dinas Pendidikan lebih banyak melakukan monitoring mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki SMP se-Kecamatan Pacet Kabupaten mojokerto agar lebih tau mengenai kondisi yang nyata dan dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil suatu kebijakan. Untuk sekolah sebaiknya hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan pengadaan sarana dan prasarana yang tidak dimiliki baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya agar pembelajaran Pendidikan Jasmani dapat terlaksana sesuai kurikulum yang telah ada. Sebaiknya guru pendidikan jasmani harus lebih lebih aktif lagi menyuarakan penambahan sarana dan prasarana jika memang dirasa kurang. Selain itu guru juga harus lebih kretaif lagi dalam menyikapi kekurangan sarana dan prasarana yang ada dengan cara memodifikasi alat maupun memodifikasi pembelajaran itu sendiri agar pembelajaran tetap berlangsung meskipun sarana dan prasarana kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49502

Actions (login required)

View Item View Item