Pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor melalui bentuk-bentuk permainan untuk siswa kelas III di SD Negeri Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo / Zulainida Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor melalui bentuk-bentuk permainan untuk siswa kelas III di SD Negeri Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo / Zulainida Amalia

Amalia, Zulainida (2010) Pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor melalui bentuk-bentuk permainan untuk siswa kelas III di SD Negeri Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo / Zulainida Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan pendidikan jasmani buku petunjuk pembelajaran. Pembelajaran pendidikan jasmani di SD/MI sebagian besar dikemas dalam bentuk permainan (game). Program pendidikan jasmani lebih berorientasi kepada kebutuhan siswa sebagai subyek didik dan bukan sebagai obyek didik. Oleh karena itu metode yang digunakan menekankan pada aktifitas fisik yang memungkinkan siswa dalam suasana gembira dapat bereksplorasi menemukan sesuatu secara tidak langsung dan lain-lain. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo siswa lebih tertarik apabila pembelajaran gerak dasar dikemas dalam bentuk permainan oleh karena itu peneliti ingin membuat pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan untuk siswa SD kelas III di SD Negeri Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo untuk memberikan variasi pembelajaran gerak dasar yang fun and busy dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar dalam bentuk permainan ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan dalam pembelajaran adalah suatu proses yang dikembangkan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam proses pembelajaran. Produk yang dapat dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan antara lain materi-materi latihan untuk guru materi belajar media dan sistem pengelolaan dalam pembelajaran. Dalam pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor melalui bentuk-bentuk permainan untuk siswa SD kelas III ini peneliti tidak memakai secara keseluruhan dari langkah-langkah model pengembangan R D dari Borg and Gall. Peneliti memakai 8 langkah model rancangan pengembangan R D dari Borg and Gall. Model pengembangan yang dipakai peneliti dalam penelitian ini antara lain (1) Riset dan pengumpulan informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan (2) Mengembangkan bentuk persiapan dari produk termasuk persiapan materi buku pedoman dan perangkat evaluasi (3)Tinjauan para ahli dengan menggunakan ahli pembelajaran pendidikan jasmani (4) Revisi produk utama revisi produk berdasarkan hasil tujuan para ahli (5) Uji coba kelompok kecil yang diadakan di SD Negeri Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo dengan jumlah subyek 12 siswa (6) Uji coba lapangan yang diadakan di SD Negeri Sebaung I Gending dengan subyek coba adalah siswa kelas III (7) Revisi produk ke dua revisi produk yang dihasilkan oleh uji coba lapangan (8) Hasil akhir produk pengembangan yang dihasilkan oleh hasil uji coba lapangan. Lokasi penelitian adalah SDN Sebaung I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Subyek uji coba dalam pengembangan buku petunjuk pembelajaran untuk pembelajaran gerak dasar lokomotor melalui bentuk-bentuk permainan ini terdiri dari (1) tinjauan ahli terdiri dari seorang ahli pembelajaran seorang ahli permainan dan seorang ahli media (2) siswa SDN Seabaung I kelas III sebagai kelompok uji coba dengan jumlah 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 40 siswa untuk uji coba kelompok lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument untuk para ahli serta pedoman pertanyaan untuk siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor ini memenuhi kriteria valid untuk ahli pembelajaran pendidikan jasmani (84%) memenuhi kriteria valid untuk ahli permainan (87%) memenuhi kriteria valid untuk ahli media (85 34%) memenuhi kriteria valid untuk siswa pada uji coba kelompok kecil adalah (100%) dan uji coba lapangan adalah (98 75%). Ini berarti pengembangan buku petunjuk pembelajaran gerak dasar lokomotor dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di SD khususnya kelas III. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49483

Actions (login required)

View Item View Item