Persepsi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMAN 9 Malang kelas X / Ocky Pical Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMAN 9 Malang kelas X / Ocky Pical Setyawan

Setyawan, Ocky Pical (2010) Persepsi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMAN 9 Malang kelas X / Ocky Pical Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Pendidikan jasmani adalah suatu proses mendidik menggunakan aktifitas jasmani untuk mencapai tujuan pendidikan (afektif kognitif dan psikomotorik). Proses belajar mengajar pendidikan jasmani akan berjalan dengan lancar apabila pelajar dan pengajar sama-sama aktif dalam melakukan kegiatan. Keaktifan siswa sangat erat hubungannya dengan minat belajar siswa sedangkan minat siswa dapat dilihat dari bgaimana persepsi siswa. Kenyataan yang ada minat siswa tidak dapat diprediksi terkadang antusias terkadang malas hal ini ditemukan peneliti ketika mengikuti PPL di SMAN9 Malang hal ini juga terlihat dari presensi bahwa banyak siswa yang tidak mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani dengan berbagai alasan. Hal ini dimungkinkan karena persepsi siswa yang tidak baik pada mata pelajaran pendidikan jasmani karena perilaku individu sering kali didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan bukan pada kenyataan itu sendiri. Ataupun karena minat siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani yang kurang baik karena jika seseorang memiliki minat maka individu tersebut akan memiliki perhatian kesenangan dan kemauan untuk melakukan kemauan yang diminati tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui persepsi dan minat belajar siswa pada pendidikan jasmani di SMAN 9 Malang. Variable dalam penelitian ini adalah persepsi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani yang dijabarkan dalam 2 sub variabel yaitu (1) persepsi siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani (2) minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Sedangkan sub variabel tersebut dijabarkan lagi menjadi indikator-indikator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Malang. Instrument penelitian berupa angket. Kesimpulan penelitian Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 9 Malang Kelas X sudah baik. Hal ini terlihat dari sebagian besar responden (71.875%) memiliki persepsi yang baik terhadap pengertian pendidikan jasmani selain itu sebagian besar responden (75%) juga memiliki persepsi yang baik terhadap tujuan pendidikan jasmani. Sarana dan prasarana pendidikan jasmani juga telah dianggap memadai oleh sebagian besar siswa (79.687%) kemudian persepsi siswa terhadap materi pendidikan jasmani sebagian besar (65.625%) juga baik. Dan untuk persepsi siswa terhadap cara guru mengajar juga baik yaitu separuh ii responden(50%) menyatakan baik. Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 9 Malang Kelas X dapat dikategorikan tingg. Hal ini terlihat dari sebagian besar responden (53.125%) memiliki ketertarikan yang tinggi pada pelajaran pendidikan jasmani kemudian aktivitas siswa sebagian besar (84.375%) melakukan aktivitas tinggi ketika mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. dari kedua indikator yakni rasa ketertarikan dan aktivitasnya yang tergolong dalam kategori tinggi ini menunjukkan bahwa minat siswa mengikuti pelajaran pendidikan jasmani adalah tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49469

Actions (login required)

View Item View Item