Pengembangan VCD pembelajaran dalam mempercepat penguasaan teknik dasar pencak silat materi pola langkah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen Kab. Malang / Galih Trio Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan VCD pembelajaran dalam mempercepat penguasaan teknik dasar pencak silat materi pola langkah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen Kab. Malang / Galih Trio Raharjo

Raharjo, Galih Trio (2010) Pengembangan VCD pembelajaran dalam mempercepat penguasaan teknik dasar pencak silat materi pola langkah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen Kab. Malang / Galih Trio Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan VCD pola langkah pencak silat siswa kelas VII. Pencak silat merupakan salah satu hasil budaya bangsa Indonesia yang bersifat turun temurun yang terdiri dari berbagai perguruan atau aliran Pencak Silat. Seiring perkembangan masyarakat pencak silat bukan lagi hanya berfungsi sebagai alat beladiri namun juga sebagai sarana berolahraga sarana mencurahkan kecintaan pada rasa keindahan dan sebagai alat pendidikan mental dan rohani. Berdasarkan kurikulum yang di gunakan di SMP Negeri 2 Turen Kab. Malang bahwa pola langkah diajarkan sebagai salah satu materi Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Untuk menunjang keberhasilan tersebut salah satu alternatifnya adalah dengan memanfaatkan media belajar dalam mempercepat penguasaan materi yaitu dengan menggunakan media video pembelajaran teknik pola langkah pencak silat yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan VCD pembelajaran teknik pola langkah pencak silat sehingga diharapkan siswa dapat lebih cepat dalam menguasai teknik pola langkah. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan research development (R D) dari Borg Gall (1983 775) yang terdiri dari 10 langkah antara lain 1) Riset dan pengumpulan informasi 2) Perencanaan 3) Perencanaan produk awal 4) Persiapan area 5) Revisi produk utama 6) Tes lapangan utama 7) Revisi produk 8) Tes lapangan operasional 9) Revisi produk akir 10) Penyebaran dan pelaksanaan laporan. Tetapi peneliti menggunakan 7 langkah pengembangan karena sesuai dengan karakteristik yang akan diteliti. Model yang dipakai dalam penelitian ini antara lain 1) Melakukan observasi dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan 2) Mengembangkan produk awal berupa rancangan produk 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan 2 ahli pelatih pencak silat 1 ahli media 1 ahli pembelajaran dan uji coba (kelompok kecil) 4) Revisi produk pertama (sesuai dari hasil evaluasi para ahli dan uji coba) 5) Uji coba lapangan dengan menguji cobakan hasil revisi produk pertama pada kelompok besar 6) Revisi produk akhir sesuai dengan hasil dari uji lapangan (kelompok besar) 7) Hasil akhir produk Hasil pengembangan dari penelitian ini berupa VCD pembelajaran teknik pola langkah pencak silat yang terdiri dari 6 teknik pola langkah antara lain pola langkah lurus pola langkah zig-zag pola langkah ladam pola langkah segitiga pola langkah segiempat dan pola langkah S untuk mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen Kab. Malang dan buku sebagai panduan. Produk utama dari penelitian ini adalah VDC pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49467

Actions (login required)

View Item View Item