Pengembangan macam-macam permainan pengenalan air untuk pebelajar renang pemula di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Septyan Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan macam-macam permainan pengenalan air untuk pebelajar renang pemula di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Septyan Pradana

Pradana, Septyan (2010) Pengembangan macam-macam permainan pengenalan air untuk pebelajar renang pemula di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Septyan Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana Septyan. 2010. Pengembangan Macam - Macam Permainan Pengenalan Air Untuk Pebelajar Renang Pemula Di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Gatot Subijantoro M.Kes (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd M.Pd. Kata kunci pengembangan permainan pengenalan air pebelajar renang pemula. Menurut Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah sudah terdapat materi aktivitas air yang meliputi permainan di air keselamatan air keterampilan bergerak di air dan renang serta aktivitas lainnya. Salah satu aktivitas air dalam materi pendidikan jasmani adalah berenang. Untuk belajar berenang hal yang paling utama adalah keberanian untuk masuk ke dalam air. Menyikapi dari hal ini maka sebelum berenang hendaknya di dahului dengan latihan pengenalan air. Berdasarkan pengamatan awal penelitian di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang pada saat materi aktivitas air guru hanya mengajarkan renang gaya bebas dan pada saat pembelajaran dilaksanakan banyak siswa yang takut berenang dan masuk kedalam kolam renang. Dari 37 siswa kelas V yang takut masuk ke dalam kolam renang ada 19 siswa (51.35%). Mencermati kondisi yang demikian maka dibutuhkan cara agar membuat anak berani masuk ke dalam air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan pengenalan air untuk pebelajar renang pemula di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang dapat digunakan sebagai bahan acuan oleh guru pendidikan jasmani untuk menangani anak yang takut berenang. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Subyek uji coba terdiri dari (1) analisi kebutuhan 37 siswa dan guru pendidikan jasmani (2) tinjauan ahli terdiri dari 3 orang ahli yaitu 2 guru pendidikan jasmani 1 ahli kepelatihan renang (3) uji coba kelompok kecil menggunakan 16 siswa kelas V di SDN Kepuharjo II yang diambil secara random sampling dan (4) uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan yang terdiri dari 37 siswa kelas V di SDN Kepuharjo II. Hasil analisa uji kelompok besar (uji lapangan) terhadap 37 siswa kelas V di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Menyatakan bahwa 1) Permainan Tepuk Air dapat digunakan (91 21%) 2) Permainan Serangan Air dapat digunakan (89 63%) 3) Permainan Berkeliling Kolam dapat digunakan (91 21%) 4) Permainan Terowongan Air dapat digunakan (90 09%) 5) Permainan Lari dari Ujung ke Ujung dapat digunakan (88 06%) 6) Permainan Hitam Hijau dapat digunakan (88 28%) 7) Permainan Roda Berputar dapat digunakan (87 61%) 8) Permainan Jaring Ikan Memanjang dapat digunakan (85 36%) 9) Permainan Terowongan Berjalan dapat digunakan (86 48%) 10) Permainan Menggiring Bola dengan Tangan dapat digunakan (86 48%) 11) Permaian Menembak Ikan dapat digunakan (88 73%) 12) Permainan Tawanan Perang dapat digunakan (84 01%) 13) Permainan Meluncur dengan Bola dapat digunakan (84 01%) 14) Permainan Bola Keberuntungan dapat digunakan (87 38%) 15) Permainan Mencari Bola Kembar dapat digunakan (88 51%) 16) Permainan Balap Pelampung dapat digunkan (81 75%) 17) Permainan Meluncur dengan Pelampung dapat digunakan (81 98%) 18) Permainan Mencari Piring dalam Air dapat digunakan (84 45%) 19) Permainan Lempar Tangkap Piring dapat digunakan (88 73%) 20) Permainan Memindah Bola dengan Piring dapat digunakan (78 18%) 21) Permainan Ban Balap dapat digunakan (78 60%) 22) Permainan Ban Apung dapat digunakan (78 82%) 23) Permainan Perahu Perang cukup dapat digunakan (73 42%) 24) Permainan Pindah Bola ke Ban dapat digunakan (88 73%) 25) Permainan Pindah Bola dengan Ban dapat digunakan (90 76%) 26) Permainan Batu Sembunyi dapat digunakan (92 34%) 27) Permainan Mencari Batu Kembar dapat digunakan (90 99%). Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan maka diperoleh hasil model permainan pengenalan air untuk pebelajar renang pemula di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dan model permainan ini dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru pendidikan jasmani di sekolah lain sebagai tambahan pengetahuan untuk menangani siswa yang takut berenang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49449

Actions (login required)

View Item View Item