Pengembangan vcd pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang / Marsudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan vcd pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang / Marsudi

Marsudi (2010) Pengembangan vcd pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang / Marsudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marsudi. 2010. Pengembangan VCD Pembelajaran Teknik Dasar Menggiring (dribble) Bola Basket Untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin. M.Kes (II) Drs. Sapto Adi. M.Kes Kata kunci pengembangan Vcd pembelajaran Menggiring (dribble) Bola Basket. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan mengembangkan aspek kebugaran jasmani ketrampilan gerak ketrampilan berfikir kritis stabilitas emosional ketrampilan sosial penalaran dan tindakan moral melalui aktifitas jasmani yang direncanakan secara sistematis dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang sebanyak 60% siswa merasa kesulitan dengan materi yang di berikan dan 66% siswa menyatakan tidak senang dengan materi yang diberikan oleh guru. Dari hasil analisis didapat 100% setuju di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang dikembangkan VCD pembelajaran teknik dasar menggiring bola basket. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan model yang efektif dalam VCD pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kepanjen. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan VCD pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang. Dan diharapkan dengan adanya VCD pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang ini dapat mempermudah pemahaman siswa tentang teknik dasar menggiring (dribble) bola basket. Dalam pengembangan VCD pembelajaran ini peneliti menggunakan model pengembangan intruksional dari Sadiman (2003 38) yaitu yang terdiri dari (1) Penemuan ide pengumpulan berbagai informasi sebagai kajian pustaka dan observasi lapangan (2) Penulisan naskah media (hasil produk) berisi rancangan pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble bolabasket (3) Evaluasi Produk oleh ahli (4) Revisi Produk I dilakukan oleh ahli (5) Produk prototipe dilakukan dengan pengambilan gambar produk dengan media audio visual (video) (6) Uji coba prototipe ujicoba (kelompok kecil) (7) Revisi Produk II revisi dari ujicoba (kelompok kecil) (8) Uji lapangan (kelompok besar) (9) Reproduksi penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli terdiri dari 3 ahli yaitu 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani 1 ahli bolabasket dan 1 ahli media (2) uji coba kelompok kecil menggunakan 15 siswa kelas VII dan (3) uji coba kelompok besar menggunakan 30 siswa kelas VII yang semuanya diambil secara random sampling. Hasil evaluasi model pembelajaran ini yaitu sebagai berikut dari ahli pembelajaran yaitu 97 22% (valid) dari ahli bola basket yaitu 75% (cukup valid) ahli media yaitu 85% (valid) dari uji coba kelompok kecil yaitu 89 6% (valid) dan dari uji coba kelompok besar yaitu 97 7% (valid). Dari penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil pengembangan yang berupa VCD pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang sebagai sumber untuk mempermudah pemahaman siswa ii tentang teknik dasar menggiring (dribble) bola basket. Hasil penelitian ini hanya sebuah produk VCD pembelajaran teknik dasar menggiring (dribble) bola basket belum sampai pada tingkat efektifitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektifitas produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49446

Actions (login required)

View Item View Item