Pengembangan pembelajaran variasi passing dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang / Musyaffa' Wahidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran variasi passing dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang / Musyaffa' Wahidi

Musyaffa', Wahidi (2010) Pengembangan pembelajaran variasi passing dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang / Musyaffa' Wahidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kata kunci pengembangan VCD passing bolabasket. Permainan bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh 2 regu yang masing-masing terdiri dari 5 pemain yang dalam lingkup pendidikan menjadi salah satu program ekstrakurikuler olahraga yaitu ektrakurikuler bolabasket di suatu lembaga sekolah. Salah satu tujuan ekstrakurikuler bolabasket adalah untuk mengasah keterampilan siswa bermain bolabasket dimana pada saat jam pelajaran disekolah siswa tidak mendapatkan materi yang lebih dalam dalam pembelajaran bolabasket. Dalam hal ini siswa dituntut untuk dapat melakukan keterampilan bolabasket salah satunya adalah passing. Namun dalam pembelajaran passing dalam kegiatan ekstrakurikuler terkadang terhambat akibat keadaan yang tidak memungkinkan serta keterbatasan dalam proses pembelajaran oleh sebab itu diperlukan alternatif pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu alternatifnya adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Media yang cocok dengan karakteristik pembelajaran variasi passing bolabasket adalah media video pembelajaran variasi passing yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD). Seperti yang terjadi dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang bedasarkan observasi dan penelitian awal yang telah dilakukan oleh karena itu dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang perlu dikembangkan VCD pembelajaran variasi passing bolabasket. Tujuan pengembangan VCD pembelajaran variasi passing dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang adalah untuk membantu siswa untuk mempercepat proses pemahaman dalam mempelajari teknik passing. Metode pembelajaran ini dikemas dalam bentuk VCD dan berisi tentang variasi-variasi passing tujuan-tujuan dari setiap bentuk variasi passing dan contoh gerakan variasi passing tentunya dilengkapi dengan buku panduan yang dapat membantu memperjelas apa yang tersaji dalam VCD. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan keseluruhan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan materi variasi passing bolabasket adalah sebagai berikut (1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assessment) dengan angket yang ditujukan kepada siswa dan guru pendidikan jasmani serta observasi sekolah (2) pengembangan rancangan produk (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani 1 ahli media 2 ahli bolabasket yang hasilnya berupa produk awal ( 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil (5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil (6) uji coba lapangan pada kelompok besar (7) revisi hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa VCD pembelajaran variasi passing dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang. Hasil pengembangan yang berupa VCD pembelajaran ini diharapkan bisa membantu mempercepat proses pemahaman siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 5 Malang dalam berlatih passing dan tentunya dapat diuji cobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah yang lain sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49441

Actions (login required)

View Item View Item