Peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling kedepan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan / Agung Yuda Aswara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling kedepan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan / Agung Yuda Aswara

Aswara, Agung Yuda (2010) Peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling kedepan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan / Agung Yuda Aswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aswara Agung Yuda. 2009. Peningkatan Hasil belajar Gerakan Senam Lantai Guling ke Depan dengan Menggunakan Media Matras dan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini M.Pd (II) Drs. Lokananta Teguh H. W. M.Kes Kata kunci media matras variasi pembelajaran senam lantai guling ke depan Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal baik SD SMP/MTs SMA/MA. Senam lantai guling ke depan merupakan salah satu olahraga yang ada pada kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Oleh karena itu Senam lantai guling ke depan diberikan pada sekolah-sekolah.Berdasarkan hasil observasi awal di SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan pada pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok Senam lantai guling ke depan kelas VII B tampak bahwa siswa masih sulit mempelajari gerakan senam lantai guling ke depan yang diberikan oleh guru pendidikan jasmani. Dalam pembelajaran senam lantai guling ke depan juga terdapat kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu sulit pada saat impact dengan matras sebagian besar siswa menggunakan kepala bukan dengan tengkuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling ke depan dengan menggunakan matras dan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melalui tiga siklus. Subyek penelitian adalah peneliti sendiri sebagai guru pendidikan jasmani siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan. Jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam siklus 1 masih ada siswa yang melakukan kesalahan mendasar seperti mengangkat tumit menekuk siku menekuk leher/menundukkan kepala hingga tengkuk menumpu pada matras sebanyak 13 siswa. (2) dalam siklus II menunjukkan siswa yang melakukan kesalahan mendasar saat melakukan gerakan senam lantai guling ke depan berkurang menjadi 9 siswa. (3) dalam siklus III menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa sudah bisa melakukan gerakan senam lantai guling ke depan dengan baik dan benar. Hasil ini didapatkan karena dengan memberikan bantuan dan dengan meninggikan matras untuk tempat berpijak dari tempat tangan bertumpu. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah media mtras dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar gerakan senam lantai guling ke depan pada siswa kelas VII B SMPN 2 Grati Kabupaten Pasuruan. Hal itu bisa dilihat dari aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran dari siklus I hingga siklus III. Selain itu bisa dilihat melalui peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar secara individu dan secara klasikal dari sebelum dan sesudah dilakukan PTK juga menunjukkan adanya peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49440

Actions (login required)

View Item View Item