Persepsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malang terhadap pelaksanaan evaluasi psikomotor pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan / Erik Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malang terhadap pelaksanaan evaluasi psikomotor pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan / Erik Kurniawan

Kurniawan, Erik (2010) Persepsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malang terhadap pelaksanaan evaluasi psikomotor pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan / Erik Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Erik.2009. Persepsi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malang Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Psikomotor Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd (II) Drs. Lokananta Teguh HW M.Kes Kata kunci evaluasi pembelajaran aspek psikomotorik kognitif afektif. Berdasar pada kenyataan nilai rapor di SMP Negeri 1 Malang bahwasanya persentase terbanyak terdapat pada skor 70. Persentase terbesar pada skor-skor tersebut diperoleh siswa dari berbagai aspek penilaian dalam pelaksanaan evaluasi utamanya evaluasi yang berkaitan dengan aspek penting yang menjadi penilaian dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yaitu aspek psikomotor. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan kenyataan dan aspek utama yang dinilai dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bersama di SMP Negeri 1 Malang dengan keadaan siswa yang rata-rata memiliki tingkat penguasaan kognitif yang cukup tinggi ditambah dengan aspek psikomotor yang menjadi aspek yang paling dominan didalam penilaian seharusnya nilai rapor yang mereka peroleh lebih baik dan berada diatas SKM (Standar Kelulusan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimanakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Malang Jalan Lawu no. 12 Malang dan waktu penelitiannya adalah pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2009. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malang yang berjumlah 135 orang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terstruktur berbentuk terbuka karena instrumen tersebut untuk mendapatkan data tentang Persepsi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malang Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Psikomotor Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Hasil penelitian pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa untuk aspek psikomotor kebugaran jasmani dan keterampilan cabang olahraga. Aspek kebugaran jasmani aspek kelincahan tes shuttle run 80 74% aspek kekuatan tes sit up 100% aspek kecepatan tes lari 60 meter 54 07% aspek daya tahan otot tes daya tahan otot dan bahu 81 48% aspek daya tahan jantung dan paru-paru tes lari 12 menit 85 92% aspek keterampilan cabang olahraga sepak bola tes menggiring bola 96 29% basket tes melempar dan menangkap bola tes menggiring bola 97 04% bolavoli tes pasing atas dan pasing bawah 97 04% renang 0% atletik 97 77% senam irama tanpa alat tes senam pagi 10 37% aspek perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan dilingkungan sekolah materi P3K 22 22% dan budaya hidup sehat materi pengenalan penyakit menular seksual (PMS) 90 37. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk aspek pelaksanaan evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk aspek psikomotor secara umum cukup baik. Aspek kebugaran jasmani (kelincahan tes zig-zag run 80 74% kekuatan tes sit up 100% kecepatan tes lari 60 meter daya tahan otot tes daya tahan otot dan bahu 81 48% daya tahan jantung dan paru-paru tes lari 12 menit 85 92%. Aspek keterampilan cabang olahraga sepakbola tes menendang bola 94 07% basket tes melempar dan menangkap bola 97 04% bolavoli tes pasing atas dan pasing bawah 97 04% renang 0% atletik tes lari jarak pendek 97 77% senam irama tanpa alat tes senam pagi 10 37% perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan dilingkungan sekolah P3K 22 22% dan budaya hidup sehat pengenalan Penyakit Menular Seksual (PMS). Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam melaksanakan evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan hendaknya meningkatkan lagi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan aspek kebugaran jasmani (kecepatan 5 07%) dan aspek keterampilan cabang olahraga (renang 0% senam irama tanpa alat 10 37% dan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan dilingkungan sekolah 22 22%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49429

Actions (login required)

View Item View Item