Pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar passing dan stopping permainan sepakbola pada siswa kelas VII SMP negeri 3 Malang / Khoirul Anwar

Anwar, Khoirul (2010) Pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar passing dan stopping permainan sepakbola pada siswa kelas VII SMP negeri 3 Malang / Khoirul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar, Khoirul. 2009. Pengembangan VCD Pembelajaran Teknik Dasar Passing dan Stopping Permainan Sepakbola pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S., (II) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes. Kata kunci: pengembangan, media, VCD, passing dan stopping, sepakbola. Passing dan stopping adalah teknik dasar yang sangat penting dalam permainan sepakbola, dengan menggunakan teknik dasar tersebut dengan baik maka akan tercipta permainan yang menarik. Agar siswa dapat bermain sepakbola dengan baik dan benar, dibutuhkan tidak hanya sekedar penjelasan dari guru saja akan tetapi sangat membutuhkan banyak variasi dari guru, misalnya penggunaan media pembelajaran. dengan adanya variasi-variasi tersebut diharapkan siswa lebih cepat memahami dan menguasai teknik dasar permainan sepakbola. Tujuan penelitian pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar passing dan stopping ini adalah sebagai variasi media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam penyampaian pembelajaran, dan juga untuk lebih mempercepat siswa dalam pemahaman dan penguasaan teknik dasar permainan sepakbola. Prosedur pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar passing dan stopping permainan sepakbola melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) melakukan penelitian pendahuluan (analisis kebutuhan), 2) merencanakan pengembangan (rancangan produk), 3) mengembangkan bentuk produk awal, 4) melakukan uji coba produk, 5) melakukan revisi produk, 6) mengkaji produk yang telah direvisi. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Malang. Sasaran pebelajar adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Subyek uji coba terdiri dari 1) tinjauan ahli, terdiri dari 4 orang ahli yaitu seorang ahli media, dua orang ahli sepakbola dan seorang ahli pembelajaran, 2) uji kelompok kecil adalah menggunakan 12 siswa kelas VII yang diambil secara random sampling, 3) uji lapangan adalah menggunakan 36 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa VCD pembelajaran teknik dasar passing dan stopping permainan sepakbola pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada Sekolah Menengah Pertama dan lembaga pendidikan terkait. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada uji tingkat efektivitas produk yang dikembangkan, jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan. Penelitian sebatas mengembangkan teknik dasar passing dan stopping permainan sepakbola, diharapkan adanya penelitian pengembangan tentang teknik passing dan stopping lanjutan pada sepakbola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49412

Actions (login required)

View Item View Item